Penunjang Akreditasi Puskesmas – Radar Bromo

BANGIL – Rencana pemerintah daerah untuk menjadikan seluruh puskesmas di Kabupaten Pasuruan terakreditasi tak murah. Karena, untuk mewujudkannya, dibutuhkan dana miliaran rupiah. Mulai dari menunjang sarana dan prasarana puskesmas. Hingga peningkatan SDM dan berbagai kebutuhan lainnya.

Khusus untuk 2018, Dinkes Kabupaten Pasuruan mengalokasikan dana Rp 2 miliar. Dana itu diperuntukkan, menunjang akreditasi di Puskesmas seluruh Kabupaten Pasuruan.

Hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Dinkes Kabupaten Pasuruan, Agung Basuki. Ia menjelaskan, baru tujuh puskesmas di Kabupaten Pasuruan yang terakreditasi. Ke tujuh Puskesmas tersebut, diantaranya Puskesmas Purwodadi, Gempol, Bangil, Ngempit, Prigen, Pandaan dan Kejayan. Padahal, di Kabupaten Pasuruan terdapat sebanyak 33 puskesmas.

Dengan begitu, masih ada 26 Puskesmas yang belum terakreditasi. “Kami targetkan tahun depan, semuanya sudah terakreditasi puskesmas,” sampai Agung.

Untuk mewujudkannya, tak hanya diperlukan peningkatan sarana dan prasarana yang ada di puskesmas. Tetapi juga, SDM yang ada di setiap puskesmas. Dana itulah, yang akan digunakan untuk peningkatan SDM dan kebutuhan lain penunjang akreditasi tersebut.

“Nantinya untuk berbagai kebutuhan. Seperti pelatihan dan lain-lainnya,” jelas mantan Direktur RSUD Bangil tersebut.

Source link