Penutupan Penanjakan Bromo Diperpanjang – Radar Bromo

TOSARI – Sudah tiga bulan lokasi wisata Penanjakan Gunung Bromo di Tosari, Kabupaten Pasuruan, ditutup bagi wisatawan. Rencana awalnya, penanjakan dibuka kembali akhir Desember lalu. Namun, hingga kini belum juga dibuka.

Karenanya, para wisatawan yang hendak melihat keindahan Gunung Bromo, dari Penanjakan harus bersabar. Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutupnya demi keamanan wisatawan. Alasannya, belakangan cuaca tak menentu, sehingga dikhawatirkan terjadi hal yang tak diinginkan terhadap pengunjung.

Kepala Seksi TNBTS Wilayah Satu Sarmin mengatakan, penutupan Penanjakan diperpanjang selama sebulan ke depan. Sehingga, saat ini penutupan lokasi terindah untuk menyaksikan sunrise dan Gunung Bromo itu belum bisa dibuka.

“Saat ini masih kami tutup. Soalnya cuaca sampai sekarang masih belum membaik. Jadi, untuk keamanan masih kami tutup,” ujarnya, Minggu (14/1).

Sarmin mengatakan, rencananya penutupan ini akan dibuka kembali pada awal bulan depan. Sehingga, para wisatawan yang sudah tak sabar untuk dapat menikmati sunrise dari lokasi itu, bisa menikmati kembali.

“Kalau nanti cuaca membaik, kami buka. Rencananya, baru akan kami buka kembali pada awal Februari,” ujarnya.

Wisatawan yang sudah telanjur ke Bromo, namun tidak bisa menikmati pemandangan dari Penanjakan, bisa beralih ke daerah lain. Sebab, menurut Sarmin, Bromo sejatinya tidak hanya bisa dinikmati dari Penanjakan. Namun, banyak spot lain yang masih bisa dikunjungi. “Bukan Penanjakan yang bisa dikunjungi atau digunakan untuk menikmati Bromo. Ada tempat lain yang juga bagus,” ujarnya.

Sarmin menghimbau, jika nanti sudah dibuka kembali, wisatawan harus bisa menjaga kebersihan. Sebab, selama ini banyak wisatawan yang kurang sadar terhadap pentinganya kebersihan lokasi wisata ini. Sehingga, membuat lokasi itu sedikit kotor.

“Nanti jika sudah dibuka, tolong jangan buang sampah sembarang. Mari saling menjaga. Biar tempat wisata yang kami kelola ini bisa terus dinikmati bersama,” ujarnya.

Source link