Perpus Cerah Layak Jadi Percontohan – Radar Semarang

Tiket melaju ke tingkat Provinsi itu didapat perpustakaan Cerah setelah sukses menjadi yang terbaik dari 177 Perpustakaan Umum dan Desa, yang ada pada 19 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

Kepala Desa Wonopringgo, Slamet Haryanto, mengungkapkan sejak ada perpustakaan desa, dengan gedung dan fasilitas yang lengkap, jumlah buku yang lebih dari 3000 dan tempat yang nyaman lebih dari separo warganya kini menjadi pelanggan tetap perpustakaan tersebut.

Menurutnya dampak nyata dengan adanya perpustakaan desa yang bagus, warga desanya terutama para pemuda banyak meraih prestasi diantaranya adalah menjadi juara Pemuda Pelopor bidang Pendidikan tingkat Kabupaten Pekalongan, juara Duta Wisata Kabupaten Pekalongan, Juara Video Wisata Tingkat Kabupaten Pekalongan dan Pemenang Lomba Cerita Impact Kategori Video Tingkat Nasional.

“Dana desa juga kami alokasikan untuk pengembangan perpustakaan Cerah Desa Wonopringgo ini, disamping untuk melengkapi buku juga pemberdayaan para pemudanya,” ungkap Haryanto.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pekalongan, Tuti Iriyanti, mengatakan  perpustakaan cerah bisa menjadi yang terbaik karena peningkatan yang sangat pesat dibanding 19 perpustakaan lain, dari 177 perpustakaan binaan lainnya di wilayah Kabupaten Pekalongan.

“Menurut pengamatan kami, perpustakaan Cerah Desa Wonopringgo ini, adalah perpustakaan yang terbaik, baik dari segi pendanaan maupun peran serta masyarakat yang sangat luar biasa. Bahkan dari dana desa juga telah dialokasikan untuk pembangunan gedung perpustakaan desa,” kata Tuti.

Perpustakaan cerah Desa Wonopringgo, untuk kelas perpustakaan desa, telah memiliki lebih dari 3.000 buku dengan beragam item buku yang berkualitas. Hal ini karena adanya kerjasama semua pihak,  Perangkat, Tim Penggerak PKK dan Karang Taruna.

“Di wilayah Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 19 kecamatan, dengan 285 desa dan kelurahan, telah ada Perpustakaan Umum Desa sebanyak 177 perpustakaan, perpustakaan rumah ibadah 53 buah dan perpustakaan sekolah 91 buah. Perpustakaan Cerah Desa Wonopringgo ini salah satunya yang terbaik,” jelas Tuti. 

(sm/thd/zal/JPR)