Personel Gabungan, Siaga Patroli di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya – Radar Surabaya

“Selain standby di pos penjagaan yang telah disediakan, petugas gabungan juga melakukan mobiling disekitar area pelabuhan,” beber Kabag Ops Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Soegeng.  

Soegeng melanjutkan, mengingat peristiwa yang cukup mengejutkan tentang teror Bom yang sempat terjadi di Surabaya pada 13 Mei lalu. Pihaknya juga tidak mau kecolongan dalam pengamanan di Pelabuhan. Oleh karena itu, penggunaan metal detector juga ikut disiagakan di Pelabuhan ujung utara Surabaya itu. 

Untuk unit K9 pastinya dalam posisi disiagakan di area Pelabuhan, namun jika sewaktu-waktu dalam kondisi genting, K9 akan melakukan mobile patroli. Sementara untuk melepas kepayahan, anggota pengamanan akan berotasi setiap 12 jam sekali.

Kemudian untuk semakin menciptakan rasa aman dan menjaga kondusifitas pemudik, unit Binmas yang beranggota polwan akan senantiasa mobile mengingatkan langsung kepada pemudik untuk senantiasa waspada. ”Mereka akan mengingatkan langsung kepada pemudik untuk mengecek barang bawaan, dan selalu waspada kepada kejahatan yang sering terjadi di Pelabuhan seperti gendam dan jambret,” imbuh pria dengan melati satu dipundaknya itu.

Tidak hanya sejumlah personil yang disiagakan bagi pemudik yang menggunakan jalur laut di Surabaya. Namun beberapa fasilitas seperti pelayanan pijat capek, tempat istirahat, tempat bermain anak, hingga ruang ibu menyusui telah disediakan di area Pelabuhan. ”Pelayanan ini semata-mata untuk menjaga kondusifitas dan memuaskan para pemudik,” imbuhnya

 Soegeng berpesan bagi para pemudik untuk lebih waspada dalam melakukan perjalanan arus mudik maupun arus balik. Ia menghimbau untuk lebih berhati-hati dalam membawa barang bawaan. Serta selalu waspada kepada orang asing di sekitarnya karena biasanya pelaku copet dan pemilik ilmu gendam biasanya banyak berkeliaran. (son/rud)

(sb/son/jek/JPR)