Personel SAR Kota Pasuruan – Radar Bromo

PURWOREJO – Jumlah anggota tim search dan rescue (SAR) di Kota Pasuruan akhirnya ideal. Itu setelah badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Pasuruan mendapatkan tambahan anggota SAR sebanyak 30 orang melalui APBD perubahan.

Kepala BPBD Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah mengatakan pihaknya mengajukan tambahan anggota SAR melalui APBD perubahan beberapa waktu lalu. Dan pihak eksekutif dan legislatif menyetujui anggaran pengadaan sebesar Rp 70 juta.

Anggaran puluhan juta ini diperuntukkan untuk pengadaan dan pelatihan 30 anggota SAR. Pasalnya, saat ini, anggota SAR di Kota Pasuruan belum ideal. Saat ini, BPBD hanya memiliki 15 orang dari kebutuhan ideal 30 orang.

“Alhamdulillah, pengajuan kami disetujui. Rencananya, kami akan menambah 30 anggota SAR. Dengan begini, jumlah anggota SAR di Kota Pasuruan sudah ideal,” katanya. Ini artinya, personel SAR di BPBD Kota Pasuruan ada 45 orang.

Ia menyebut pengajuan ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Kota Pasuruan termasuk daerah yang rawan banjir. Nantinya, tim sar ini berfungsi untuk melakukan pencarian dan pertolongan bagi korban bencana seperti banjir atau bencana lainnya.

“Selama ini, belasan anggota tim sar dibantu oleh relawan tanggap bencana dalam melaksanakan tugasnya. Sebab Kota Pasuruan termasuk rawan bencana,” ujar Yanuar.

Source link