PG Toelangan Jadi Gedung Pertemuan – Radar Surabaya

Meski Pabrik Gula (PG) Toelangan dan PG Watoetoelis tak lagi beroperasi di Kabupaten Sidoarjo, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X optimistis produksi gulanya terus meningkat. Saat ini kontribusi PTPN X dalam produksi gula nasional mencapai 16 persen.
“Produksi gula kami sebesar 343.747 ton dengan rata-rata rendemen sebesar 7,93 persen. Produktivitas sebesar 5,97 ton per hektar tahun 2017. Angka itu menjadikan PTPN X sebagai produsen gula terbesar se-Indonesia,” ujar Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo pekan lalu.
Menurut dia, PTPN X juga terus berusaha melakukan optimalisasi aset. Aset-aset bangunan di PG Toelangan bakal dikembangkan sebagai gedung pertemuan. “Sedangkan aset-aset PG Watoetoelis di Kecamatan Prambon sebagai workshop peralatan pabrik,” katanya.
Sebelumnya PTPN X menutup dua pabrik gula bersejarah di Kabupaten Sidoarjo, yakni PG Toelangan dan PG Watoetoelis. Kebijakan ini ditempuh karena semakin menurunnya luas areal tanaman tebu wilayah binaan kedua pabrik gula tersebut. Selanjutnya, PTPN X fokus mengembangkan PG Kremboong di Kecamatan Krembung.
Sedangkan operasional tanaman (on farm) PG Watoetoelis dialihkan kepada PG Kremboong di Kabupaten dan PG Gempolkrep di Mojokerto. Selain itu, “Lahan idle milik PTPN X juga akan dimanfaatkan untuk menanam kedelai edamame, kayu sengon, jahe, dan sereh wangi,” katanya.
Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berharap manajemen PTPN X tetap mempertahankan PG Kremboong. Setelah PG Toelangan dan PG Watoetoelis tidak beroperasi, saat ini para petani tebu di Kabupaten Sidoarjo hanya berharap pada PG Kremboong dan PG Candi Baru.
“Pabrik-pabrik gula itu jadi andalan para petani tebu sejak dulu. Kalau pabrik gulanya ditutup, lantas ke mana petani-petani tebu itu menyalurkan hasil pertaniannya,” kata Cak Nur, sapaan akrab wabup asal Waru, itu.
Cak Nur justru mendorong pihak PG Kremboong dan para petani agar bisa menghasilkan tebu dengan rendemen 8 persen. Dengan begitu, gula yang dihasilkan lebih banyak dan bermutu. (sar/rek)