Piket Nol 57 Longsor Lagi – Radar Jember

Peristiwa tersebut terjadi lantaran hujan dengan intensitas lebat terjadi di daerah tersebut. Laporan Pusdalops BPBD Lumajang, pada hari itu hampir seluruh kawasan Lumajang diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai lebat.

Hingga akhirnya jalur yang selama ini dikhawatirkan, benar-benar terjadi longsoran. Longsoran tebing jalan yang memiliki tinggi 12 meter dengan panjang 18 meter dan lebar 4 meter tersebut merupakan campuran batu padas dan tanah.

Hal itu dibenarkan Wawan Hadi S, kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, hujan yang terjadi hampir semalam itu menyebabkan jalur di KM 57 mengalami longsoran.

Konstur tanah yang selama ini sudah sering kali diguyur hujan, akhirnya tidak dapat menahan kikisan air hujan sampai akhirnya longsor. “Kami memang sudah mengategorikan jalur tersebut sebagai jalur rawan longsor,” katanya.

Dia menuturkan, beberapa hari lalu jalur tersebut juga mengalami longsor. Sehingga longsoran kali ini merupakan kalikedua bencana tersebut terjadi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tesebut.

Dengan begitu pihaknye menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat hujan dengan intensitas lebat terjadi. “Masyarakat diharapkan berhati-hati saat hujan lebat terjadi. Apalagi ketika berada rawan yang berpotensi terjadi longosor dan banjir lahar Gunung Semeru,” tutupnya.

(jr/mar/sh/das/JPR)

Source link