Dengan program bertajuk  ”Desa Kid’s Jaman Now Program Pemerintah Cerdas IT” tersebut, desa bisa lebih mandiri dan membuka pintu perekonomian lebih baik. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Wonorejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak.

Tim PKM-M tersebut terdiri dari empat mahasiswa. Yakni Rizki Fibriyanti sebagai team leader bersama Febrianto Bagus Setiawan sebagai IT master, Farid Hidayatur Rahman sebagai master of design, dan Erlina Nofianti sebagai master of documentation.

Rizki Fibriyanti menjelaskan, program ini telah lolos verifikasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI).

Mereka melaksanakan kegiatan pelatihan perajin produktif Desa Wonorejo didampingi dosen pendamping Rina Fiati, S.T, M.Cs dan dibiayai Kemenristekdikti RI. ”Kegiatan ini bertujuan untuk membantu program pemerintah guna mengentaskan kemiskinan. Selain itu, juga untuk mewujudkan masyarakat Desa Wonorejo cerdas IT,” jelasnya.

Masih ada lagi tujuan ekonomis, yaitu membantu pemasaran produk masyarakat desa menggunakan IT. ”Target luaran yaitu terciptanya masyarakat cerdas IT. Yakni masyarakat produktif yang mampu bersaing dalam pemasaran produk dengan memanfaatkan penggunaan IT secara mandiri. Termasuk meningkatkan perekonomian berbasis digital khususnya UMKM dan para pelaku bisnis pemula atau start up,” Imbuhnya.

Konsep ”Cerdas IT” diterapkan sebagai solusi untuk desa terpencil seperti Desa Wonorejo. ”Konsep yang kami usung adalah mencerdaskan masyarakat desa dengan memanfaatkan teknologi. Melalui IT diharapkan dapat meningkatkan kualitas produksi kerajinan tas rajut Desa Wonorejo.

”Tim kami optimistis program smart village dengan menerapkan konsep masyarakat desa cerdas IT bisa memberi manfaat yang positif bagi warga Desa Wonorejo,” tandas Rizki. (lia)

(ks/lin/top/JPR)