PNS Dilarang Nambah Libur – Radar Jember

Keputusan cuti bersama ini disampaikan dalam keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Nomor 233 Tahun 2018. Isinya mengenai perubahan atas keputusan bersama menteri tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018. 

Ditegaskan pula oleh Sekdaprov, Dr H Akhmad Sukardi MM. Melalui surat yang dikirim ke Pemkab Lumajang tertanggal 7 Mei 2018 perihal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 Nomor 800/3261/204.3/2018

Dr Buntaran Suprianto MKes, Plt Bupati Lumajang menjelaskan, awalnya jatah cuti bersama adalah 15 dan 16 Juni untuk cuti Hari Raya Idul Fitri. Namun, ternyata ada perubahan masa cuti yang lebih lama. Dia mengatakan, masa cuti Lebaran kali ini adalah pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19 dan 20 Juni 2018. “Jadi, libur cutinya begitu lama. Hampir dua pekan lamanya. Hal ini yang perlu diantisipasi,” katanya.

Meski demikian, setiap Unit kerja, atau pun satuan kerja maupun organisasi perangkat daerah (OPD) yang memberikan pelayanan langsung di tingkat pusat dan daerah tidak boleh lengah. Apalagi, yang mencakup kepentingan masyarakat luas.

Seperti rumah sakit, puskesmas, lembaga telekomunikasi, listrik, air minum, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, perhubungan, dan unit satuan OPD yang sejenis. “Agar mengatur penugasan pegawai/karyawan/pekerja, pada hari libur nasional dan cuti bersama 2018,” katanya. Tentunya hal tersebut harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

(jr/fid/das/JPR)

Source link