PNS Dipecat Tersangkut Kasus Cabul – Radar Solo

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo Joko Triyono mengatakan, selama 2017 ini ada 8 kasus PNS yang melanggar aturan. Tercatat 5 PNS melakukan pelanggaran berat dan 3 PNS melakukan pelanggaran ringan. ”Data PNS terkena sanksi ini kita sudah catat,” paparnya kepada Jawa Pos Radar Sukoharjo, Rabu (3/1).

Dijelaskannya, ada satu oknum PNS yang melakukan pelanggaran berat dan diberhentikan tidak hormat karena tersangkut kasus pencabulan. Sementara itu, 3 PNS diberhentikan dengan hormat lantaran indisipliner. Mereka tidak masuk kerja lebih dari 46 hari. Sanksi penurunan pangkat selama tiga tahun dijatuhkan untuk 1 PNS, karena terlibat kasus pungutan pembayaran penempatan.

Untuk kasus ringan terdapat 2 PNS mendapat teguran. Selain itu 1 PNS mendapatkan pernyataan tidak memuaskan secara tertulis lantaran tidak maksimal melakukan pelayanan pada masyarakat. Untuk diketahui, jumlah PNS yang terkena sanksi ini meningkat jumlahnya dibandingkan dengan tahun 2016.

Pada 2016 lalu diketahui ada 6 PNS yang mendapatkan sanksi. 5 PNS mendapat sanksi berat dan 1 PNS mendapatkan sanksi sedang. ”Kami di BKPP akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan pada PNS di Sukoharjo agar terus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” papar Joko Triyono.

(rs/yan/bay/JPR)