Polres Pasuruan Siapkan Ratusan Personel untuk Pengamanan Jalur Mudik – Radar Bromo

CEK PERSONEL: Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono (kiri) mengecek personel tim yang bertugas mengurai kemacetan arus mudik-balik.
(Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

BANGIL–Polres Pasuruan menyiapkan 300 personel untuk Operasi Ketupat Semeru 2018. Ratusan personel itu disiapkan untuk pengamanan selama perayaan Lebaran. Ratusan personel itu khusus untuk anggota yang disiagakan di pos-pos. Belum termasuk anggota yang oncall ketika ada peristiwa penting untuk penanganan.

“Kami akan mengerahkan 2/3 kekuatan Polres Pasuruan untuk Operasi Ketupat 2018,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono. Jumlah itu belum termasuk dukungan dari unsur lain. Seperti TNI, Dishub, Satpol PP, Senkom, Pramuka, Dinkes, BPBD, serta ormas.

Untuk anggota TNI misalnya, sedikitnya ada 30 personel yang akan dikerahkan. “Ditambah satu pleton atau setara 90 personel yang oncall,” sambungnya. Ia mengakui, momen Lebaran identik dengan mudik. Seringkali jalanan macet imbas meningkatnya volume kendaraan di jalanan. Untuk itulah, pihaknya menyiapkan anggota khusus.

“Kami menyiapkan tim mengurai kemacetan atau Tim Murai, untuk mengatasi macet di jalanan. Tim ini, merupakan anggota dari Satlantas, yang siap dalam mengatur arus lalu lintas,” bebernya. Sedikitnya, ada 30 personel Tim Murai yang disiapkan. Mereka tak hanya menunggu informasi ketika ada kemacetan. Tetapi juga mobile untuk memantau arus lalu lintas.

(br/fun/one/fun/JPR)

Source link