Polres Razia Pedagang Petasan di Pasar Induk – Radar Kudus

Kasat Sabhara AKP Lamsir menuturkan, razia itu dimaksudkan untuk mengantisipasi maraknya penggunaan petasan jelang tahun baru. Selain mengganggu dengan efek suaranya, penggunaan secara bebas juga dikhawatirkan dapat membahayakan masyarakat.

”Razia ini untuk menciptakan ketertiban di masyarakat. Jika ada yang menjual petasan, kami sita,” kata AKP Lamsir.

Dalam razia ini, diterjunkan puluhan personel Sat Sabhara di bawah pimpinan Kaur Bin Ops Ipda Mujiyadari. Mereka langsung menyisir beberapa titik yang diduga menjadi lokasi untuk menjual petasan-petasan.

”Ini sesuai perintah pimpinan, bahwa seluruh jajaran polres melaksanakan operasi pekat (penyakit masyarakat). Seperti minuman keras, termasuk petasan,” tambah  Kabag Ops Kompol Sigit Ari Wibowo .

Dalam Razia yang digelar serantak di seluruh polsek ini, didapati sejumlah pedagang menjual petasan dan kembang api yang dinilai cukup membahayakan. ”Dari hasil razia petasan, petugas berhasil menyita ratusan buah petasan yang nantinya akan dimusnahkan,” terangnya.

Pihaknya mengimbau pedagang tak menjual petasan dan kembang api yang di luar standar. ”Sebab, bunyi petasan bisa menganggu kenyamanan dan membahayakan warga,” tandasnya. 

(ks/mun/lin/top/JPR)