PPDB SMA/SMK Hari Pertama: Sekolah Favorit Dekati Pagu – Radar Bojonegoro

Menurut Aziz, siswa hanya butuh PIN yang sudah diambilnya dari lembaga untuk melakukan proses pendaftaran. Nilai dan data siswa akan bergerak sesuai dengan posisi update terakhir pendaftar di website yang telah ditentukan. Ketika calon peserta tidak bisa diterima di lembaga pertama, maka mereka bisa langsung terlihat di pilihan kedua.

Aziz menjelaskan, mekanisme tersebut diterapkan sejak tahun lalu. “Calon peserta harus memerhatikan betul nilainya supaya tidak terus tergeser,” ujarnya.

Menurut dia, calon peserta hanya diperbolehkan memilih dua lembaga. Ketika keduanya tidak bisa diterima, maka calon peserta harus memilih lembaga swasta. Selain zonasi, pertimbangan utamanya hasil UNBK. 

Menurut dia, pagu jalur regular ditetapkan 350 siswa. Sesuai petunjuk teknis (juknis), PPDB regular ini diperebutkan calon pendaftar dalam kota dan luar kota. “Karena masing-masing sudah ditentukan kuotanya dalam juknis,” katanya.

Kepala SMAN 1 Lamongan, Kiswanto, menjelaskan, PPDB regular dibuka selama tiga hari, Senin, Selasa, dan Kamis. Calon pendaftar harus aktif memantau perkembangan nilainya karena pendaftaran dilakukan secara terbuka.  Nilai akan terus bergeser apabila jumlah pendaftar semakin banyak dan nilai UNBK tinggi.

Untuk hari pertama, dia mendata jumlah pendaftar 327 siswa. Nilai terendahnya 25,5 dan tertinggi 36,8. “Kemungkinan nilai akan terus naik karena waktu pendaftaran masih lama,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMAN 3 Lamongan, Wiyono, menyatakan, calon siswa tidak harus datang ke lembaga saat mendaftar. Sebab, pendaftarannya secara online. Seluruh update nilai siswa dapat dilihat melalui website resmi dari dinas pendidikan provinsi. Lembaga hanya memberikan pendampingan ketika calon peserta kesulitan melakukan login.

Sebab syaratnya hanya PIN dan nilai UNBK.  Jumlah pendaftar sementara dari lembaganya ada 181 siswa dengan nilai terendah 15,8 dan tertinggi 31,4. “Nilainya akan update secara otomatis melalui aplikasi,” tuturnya.

Sedangkan Kepala SMAN 2 Lamongan, Muki, menuturkan, seluruh proses PPDB jalur regular dilakukan secara online. Perangkingan bisa dipantau setiap hari dan hasil pendaftaran diumumkan secara resmi (29/6). Pada hari pertama kemarin, SMAN 2 Lamongan menerima 327 peserta. Nilai tertinggi 37,7 dan i terendah 31,6. “Pendaftaran masih dibuka sampai Kamis depan,” tuturnya.

(bj/jar/rka/yan/bet/JPR)

Source link