PPID dorong transparansi publik – Radar Semarang

“Ini merupakan salah satu strategi Pemkot Pekalongan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Melalui pameran dan pekan informasi daerah ini masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan informasi secara jelas terkait dengan kebijakan, program, anggaran, kinerja, pengadaan barang dan jasa dan lainya tanpa ada yang ditutup-tutupi,” terangnya, Kamis (9/11) di kawasan Jetayu, Kota Pekalongan.

Ditambahkan Saelany PPID merupakan yang pertama kali dislenggarakan di Kota Pekalongan bahkan di Indonesia, dan nantinya akan dijadikan agenda rutin tahunan oleh Pemkot.

“Sepanjang yang kita tahu, belum ada Kabupaten/Kota di Indonesia yang menyelenggarakan acara secara khusus tantang pameran keterbukaan informasi publik berdasarkan UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Namun kalau yang lebih spesifik atau khususnya anggaran memang sudah ada,” katanya.

PPID akan diselenggarakan selama empat hari mulai dari tanggal 9-12 November 2017 yang dipusatkan di Kawasan Budaya GOR Jetayu Pekalongan dengan empat agenda, yaitu pameran keterbukaan informasi publik antar OPD Kota Pekalongan, Bazar teknologi informasi dan literasi digital, semarak prestasi dan literasi sekolah, dan Gebyar potensi unggulan stakeholder dan komunitas kreatif. (han/ric)

(sm/naf/ric/JPR)

Source link