Promosikan Pariwisata Jember melalui Lomba Blog – Radar Jember

Menurut Prita Hendriana Wijayanti, founder BJS, komunitasnya tergerak untuk mempromosikan pariwisata Jember setelah tahu event pariwisata di Jember terus bertambah. “Saat kami kumpul dengan beberapa blogger, ada ide bikin lomba blog. Sebab, yang menarik di Jember ini adalah berbagai event itu diinisiasi para pengelola destinasi wisata sendiri. Artinya, ada inisiatif dari pelaku pariwisata untuk memajukan daerahnya,” katanya.

Komunitas yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang pertama ini merasa memiliki tanggung jawab moril untuk mendukung pariwisata di Jember. Apalagi, puluhan anggota BJS merupakan blogger aktif yang selama ini aktif menulis di dunia maya dan berinteraksi dengan warganet dari seluruh Indonesia.

SINERGI: Anggota Blogger Jember Sueger (BJS) saat melakukan kopi darat dalam rangka ultah pertama BJS, belum lama ini. BJS akan menggelar lomba blog pariwisata Jember untuk mempromosikan potensi wisat
(Blogger Jember Sueger for Radar Jember)

“Pikiran kami sederhana. Kalau banyak artikel wisata Jember di-posting para blogger Jember, lalu di-share di media sosial, akan ada banyak orang dari seluruh Indonesia yang tahu bahwa pariwisata Jember ini keren-keren,” ujar Prita.

Lalu, lanjut dia, BJS memiliki ide untuk menggelar lomba blog dengan tema besar pariwisata di Jember. Saat ide itu dia sampaikan kepada Febrian Ananta Kahar, inisiator Destinasi Wisata Jember (DWJ), sebuah perkumpulan pengelola destinasi wisata di Jember, disambut antusias. Untuk mendukung ide tersebut, Taman Botani Sukorambi bersedia menjadi sponsor.

Terpisah, Febrian mengaku surprise ada kumpulan anak muda Jember yang memiliki kepedulian dengan dunia pariwisata di Jember. “Saya terkejut dan bangga kepada mereka. Apa yang DWJ lakukan selama ini ternyata diamati mereka. Karena itu, saat tahu mereka memiliki ide untuk menggelar lomba blog pariwisata, saya punya tanggung jawab untuk mendukung. Ide mereka tidak boleh layu sebelum berkembang,” tegas pemilik Taman Botani Sukorambi ini.

Dia yakin, Jember tidak hanya unggul destinasi wisatanya, melainkan juga unggul dengan anak-anak muda yang memiliki potensi besar. “Saya tahu tulisan beberapa blogger Jember saat mengulas pariwisata di Jember itu keren banget. Menurut saya sudah berkelas sekali,” tegasnya.

Prita menambahkan, BJS selaku penyelenggara sudah membuat regulasi lomba. Ada berbagai hadiah menarik yang telah menanti peserta lomba blog ini. “Yang tidak kalah menarik, ada 15 naskah terbaik yang nantinya akan dibukukan,” ungkapnya. Rencananya, saat penyerahan hadiah untuk pemenang, BJS akan mendatangkan blogger nasional agar bisa sharing dengan blogger asal Jember dan sekitarnya. 

Syarat & Ketentuan Lomba

1. Peserta adalah WNI yang tinggal di seluruh Indonesia, berusia minimal 17 tahun dengan dibuktikan scan KTP

2. Peserta adalah perorangan

3. Peserta wajib like atau joint dan follow akun media sosial di bawah ini:

–          Facebook Taman Botani Sukorambi

–          Twitter Taman Botani Sukorambi

–          Instagram Taman Botani Sukorambi

–          Facebook Blogger Jember Sueger

–          Twitter Blogger Jember Sueger

–          Instagram Blogger Jember Sueger

4. Tema umum: Destinasi Wisata Jember

5. Sub tema: Taman Botani Sukorambi dan wisata alam serta buatan.

6. Setiap peserta wajib mengirimkan 2 tulisan dari blog yang sama (platform bebas). Satu tulisan mengulas Taman Botani Sukorambi (bisa berupa tips, pengalaman, rencana berkunjung, atau keunggulan setiap spot, dll) dan tulisan kedua tentang destinasi wisata alam dan buatan lainnya yang ada di Jember

7. Artikel yang diikutkan lomba telah diposting di blog pada 1 April sampai 25 Mei 2018.

8. Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada 31 Mei 2018

9. Tulisan terdiri dari minimal 400 kata dan disertai minimal 2 buah foto atau gambar penunjang yang disertai sumbernya (jika foto bukan milik pribadi atau bukan dari penyedia gambar gratis)

10. Menyertakan 2 keyword dalam artikel: destinasi wisata Jember, Jember makin rame

11. Menyertakan label/tag 3 keyword: destinasi wisata Jember, Jember makin rame, dan nama tempat wisata yang ditulis

12. Menyertakan disclaimer di akhir artikel: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan Blogger Jember Sueger bersama Taman Botani Sukorambi (dan masing-masing diberi link ke web/blog www.tamanbotanisukorambi.com dan www.bloggerjembersueger.com)

13. Artikel di-share di Facebook, dan Twitter dengan hashtag #LombaBlogJemberMakinRame dan di-tag atau mention Blogger Jember Sueger (FB), dan @bloggerjember15 (twitter). Share di Instagram dengan hashtag yang sama dan mention @bloggerjember tidak menjadi kewajiban, tapi boleh saja dilakukan untuk menambah traffic.

14. Lomba ini tertutup untuk pengelola dan staf Taman Botani Sukorambi

15. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Mekanisme Lomba :

1. Peserta dipersilahkan menulis sesuai syarat & ketentuan, dan setelah itu didaftarkan melalui form yang tersedia.

2. Pemenang akan diumumkan di Facebook, Twitter, Instagram, dan blog Blogger Jember Sueger.

3. Karya yang diikutsertakan berhak digunakan pihak Taman Botani Sukorambi untuk kepentingan publikasi tanpa pemberitahuan sebelumnya dengan tetap mencantumkan nama blogger dan alamat blognya.

4. Apabila di kemudianhariditemukan pelanggaran terhadap syarat & ketenuan yang berlaku, maka panitia berhak melakukan diskualifikasi dan membuat ketentuan lebih lanjut.

5. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga dan konsekuensi hukum atas karya yang dikirimkan peserta.

Kriteria Penilaian :

1. Orisinalitas, konten positif (tidak mengandung SARA dan pornografi) serta belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.

2. Sudut pandang, gaya, dan alur penulisan.

3. Gambar atau visual lainnya dapat menjadi nilai tambah, namun kualitas konten tetap menjadi poin penilaian utama.

Juri

–    Perwakilan Taman Botani Sukorambi

–    Perwakilan Blogger Jember Sueger

–    Dinas Pariwisata Jember

Hadiah:

Jutaan Rupiah dan Supporting Pulsa

(jr/lin/das/JPR)

Source link