PTPN XI Tingkatkan Kualitas UMKM Mitra Binaan – Radar Surabaya

Kepala Divisi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Corporate Social Responsibility (CSR) PTPN XI, Sugiarti, mengatakan pihaknya terus berupaya mengelola program kemitraan dalam rangka meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM agar dapat menjadi penguasaha yang tangguh dan mandiri.

“Untuk pelatihan ini kami memberikan edukasi terkait dengan e-commerce. Di era digital sekarang, para pelaku industri kreatif harus didorong tidak hanya memasarkan produknya melalui Facebook tetapi juga melalui e-commerce,” ungkap Sugiarti saat ditemui di sela-sela acara di Luminor Hotel, Selasa (23/1).

Hingga saat ini akumulasi UMKM yang menjadi mitra PTPN XI mencapai 200 kelompok usaha. Jika dibandingkan tahun 2016, Sugiarti menyampaikan bahwa pertumbuhan tersebut masih terbilang belum signifikan.

“Tahun-tahun sebelumnya, jumlah UMKM hanya bertambah 10 kelompok usaha. Sedangkan pertambahan terbaru mencapai 20. Ini masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan program kemitraan di sektor lain seperti halnya perkebunan yang mencapai 3 ribu orang,” imbuhnya.

Dari 200 UMKM tersebut, terdapat beragam jenis produkyang dihasilkan oleh para pelaku industri kreatif. Mulai dari makanan minuman, fashion, batik, handycraft hingga mebel. Bahkan, beberapa hasil kerajinan kayu, dikatakan oleh Sugiarti sudah berhasil menembus pasar internasional melalui aktivitas ekspor.

“Kami harapkan melalui e-commerce, penjualan akan semakin massif. Sehingga ditahun ini, pertumbuhan mitra UMKM dapat lebih besar atau minimal sama dengan tahun sebelumnya,” kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan penyaluran dana untuk setiap UMKM bisa mencapai Rp 10 juta–50 juta. “Mereka bisa mengajukan menjadi mitra selama tiga kali, dengan perhitungan masa pengembalian atau tenor kredit selama 3 tahun. Tentu saja, kami berharap para pelaku industri kreatif ini dapat lebih mandiri sehingga pengajuan akan lebih singkat,” tuturnya. (mif/hen)

(sb/mif/jek/JPR)