Puluhan Ribu Warga Situbondo Dapat Beras Sejahtera – Radar Banyuwangi

SITUBONDO – Sebanyak 70.567 warga miskin di Situbondo akan menerima bantuan Beras Sejahtera (Rastra). Masing-masing penerima akan mendapatkan sepuluh kilogram beras tanpa tebusan selama enam bulan.

Asisten II Pemkab Situbondo, Sugiyono menerangkhaban, pada tahun-tahun sebelumnya, penerima bantuan harus menebus dengan harga Rp.1.600 perkilogram. “Kini Pemerintah telah merubah sistim subsidi rastra menjadi Bansos rastra,” ujarnya saat launching Bansos rastra di balai Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Selasa (23/01) lalu.Hanya saja, saat ini ada pengurangan jumlah bantuan yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sebelumnya, setiap warga miskin mendapatkan 15 kilogram beras. “Sedangkan sekarang hanya sepuluh kilogram beras tanpa uang tebusan,” terangnya.Sugiyono mengatakan, bantuan mulai diterima mulai Januari hingga Juni mendatang. menurutnya, pemerintah memberikan bantuan dengan cuma-cuma untuk nenekan lonjakan harga beras di pasaran. “Juga untuk menjamin akses dan kebutuhan pangan masyarakat miskin,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pendistribsiannya dilakukan di 136 desa dan kelurahan. Penerima manfaat langsung bisa mengambil di balai desa masing-masing. 

Sementara itu, Kasub Divre Bulog Bondowoso,  Adhekan mengatakan, Bansos rastra akan sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan. “Warga miskin tidak perlu pusing dengan harga beras,” katanya.Dia menerangkan, beberapa bulan terakhir ini, harga beras terus melonjak naik. Dengan adanya Bansos rastra, harga yang membumbung tinggi tidak akan terasa dampaknya bagi masyarakat miskin. “Kami juga yakin, dengan adanya bantuan beras gratis, bisa menstabilkan harga beras di pasaran,” imbuhnya.  Lebih jauh Adhekan menegaskan, selama enam bulan program Bansos beras sejahtera di Situbondo, Bulog akan mendistribusikan 706.570 kilogram   setiap bulan. Dengan jumlah itu sudah memenuhi penyaluran kepada 70.567 warga miskin.Adhekan juga memastikan, beras yang disalurkan berkualitas bagus. Karena itu, jika ada temuan beras dengan kualitas jelek, dia meminta agar segera dilaporkan. (bib)     

(bw/bib/ics/JPR)

Source link