Puting Beliung Hajar Jenggawah – Radar Jember

Kondisi itu diperparah dengan banjir akibat derasnya hujan. Jalur Ambulu dengan Ajung tergenang air. Warga sekitar lokasi pohon tumbang segera melakukan evakuasi. Selain itu, mereka berinisiatif melaporkan ke perangkat desa dan polsek setempat. Beberapa pohon tumbang itu juga menimpa jaringan PLN dan memutus kabel. Sehingga, listrik sempat padam. 

Tim TRC BPBD Jember yang datang ke lokasi sempat kesulitan mengevakuasi pohon-pohon tumbang itu.  Lebih-lebih yang nyangkut di jaringan PLN. Mereka pun harus ekstra hati-hati. Apalagi, saat itu jalan sudah berubah mirip sungai. Namun, setelah berkeja keras pohon-pohon yang melintangi jalan bisa disingkirkan. 

(BPBD Jember For Radar Jember)

Pohon tumbang bukan hanya di Jalan Raya Jurusan Ambulu saja. Di jalan raya jurusan Tempurejo tepatnya di Dusun Krajan, Wonojati beberapa pohon juga tumbang. Seperti pohon besar di depan Puskesmas Jenggawah tumbang dan mengenai kabel Telkom di selatan jalan.

Fajar, 35 warga Dusun Krajan, Desa Wonojati mengaku, angin saat itu sangat kencang. Sebelumnya, hujan turun cukup deras. “Kemudian tiba-tiba angin datang sangat kencang. Saat itu saya sedang memperbaiki jok mobil di rumah,’’ katanya.  

Beberapa pohon tumbang. Papan nama yang dipasang di depan rumahnya juga ikut roboh. “Diterjang angin dari arah barat,’’ ujar Fajar.

Kapolsek Jenggawah AKP Dodik membenarkan telah terjadi angin puting beliung di dua dusun di Desa Wonojati, Kecamatan jenggawah. Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Hanya, beberapa genteng dan pohon di pinggir jalan raya jurusan Ambulu-Jenggawah tumbang. “Di Dusun Krajan juga ada beberapa pohon yang tumbang. Tapi semua segera kami atasi dengan warga dan BPBD,’’ ujar Dodik. 

(jr/jum/ras/das/JPR)

Source link