Rasyid Zakaria Dipindahtugaskan – Radar Jember

Rasyid adalah satu-satunya kepala dinas yang ikut di-rolling. Dia ditugaskan jadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, yang sebelumnya diisi pelaksana tugas (Plt) Widi Prasetyo. 

Sebelumnya, banyak pihak menyebut, Rasyid sebagai pejabat yang memiliki kedekatan dengan bupati. Posisinya sebagai kepala dinas PU tergolong paling lama. Bahkan, sejak Faida–Muqit memimpin Pemkab Jember, dinasnya bisa juga disebut gemuk. Sebab, Dinas PU Pengairan digabung jadi satu dengan Dinas PU Bina Marga yang dipimpinnya.

Namun, Bupati Faida tegas menampik asumsi pejabat orang dekat bupati. Kata Faida, semua ASN di lingkungan Pemkab Jember ialah orang bupati. Sebab, sejatinya ASN memang harus loyal kepada pemimpinnya. ”Semua ini orangnya bupati. Semua yang dirotasi, semua yang mutasi, semua yang dipromosi, semua orangnya bupati,” tegasnya.

Soal rotasi, Faida menegaskan tidak ada satu pun niatan lain, tanpa tujuan untuk lebih baik. Bahkan, rotasi dibutuhkan untuk regenerasi. Maklum, jika dihitung jabatan Kepala DPU BM-SDM sudah lebih dari 6 tahun. “Memberi kesempatan untuk mereka meraih karier sebaik-baiknya, dan bermanfaat lebih untuk masyarakat,” jelasnya.

Pun demikian tentang Rasyid Zakaria. Faida mengakui bahwa Rasyid sudah mendekati masa pensiun. Bahkan, dua bulan lagi memasuki masa persiapan pensiun (MPP). Karena dinilai tidak mudah mencari pejabat pengganti Rasyid, bupati kemudian harus menyiapkan orang yang tepat. “Kita tidak boleh terlambat. Tidak boleh lengah. Karena jam terbang itu tidak bisa dibeli,” terangnya. 

Masih kata Faida, memilih Rasyid memimpin BPBD, karena institusi untuk penanganan bencana itu juga dinilai jadi perhatian. Terlebih, di sana juga membutuhkan orang berkompetensi teknis seperti Rasyid. “Dan untuk sementara ini, Pak Rasyid masih menjabat Plt DPU BM-SDA. Sambil kita menyiapkan penggantinya,” tuturnya.

Posisi Plt itu bisa jadi hanya sampai 2 bulan. Sebab, setelah itu Rasyid sudah memasuki MPP. Meski demikian, jika memang harus segera mencari pejabat definitif untuk DPU BM-SDA, bisa jadi jalan keluarnya dengan open bidding. 

Meski demikian, Faida mengakui tahun 2018 ini tidak ada open bidding. Hanya ada persiapan open bidding. Nanti, lelang jabatan terbuka itu akan dilakukan serentak pada tahun 2019. “Supaya tidak dua kali kerja, karena saya hitung akan ada lagi yang pensiun,” pungkasnya.

Perlu diketahui, selain Rasyid Zakaria, Joko Wasinudin ditunjuk bupati untuk mengisi jabatan baru sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Ledokombo. Sekcam Jenggawah, Muhammad Amirudin. Sedangkan Camat Jenggawah, Jumari. Untuk Camat Silo, diisi Soegeng Riyanto.

Rotasi jabatan juga terjadi di Sekretariat DPRD Jember. Pejabat baru Kasubag Perundang-undangan diisi Hisyam Wahyu Aditia. Sedangkan Kasubag Dokumentasi dijabat Adi Kusnandar Zulkifliah. Kabid Humas dan Perundang-undangan diisi Sutiyoso. Sedangkan Malika, dipindah jadi Sekertaris Satpol PP Jember.

Sekretaris Dinkes, dijabat Herlan Suharto. Kemudian, Ni Ketut Ardani dipercaya sebagai Kabid Kesehatan Masyarakat. Sedangkan Sekretaris Dinsos, diganti Fariqul Mashudi. Kemudian, Sekretaris Disperindag dipercayakan pada Haidori. 

(jr/rul/hdi/das/JPR)

Source link