BANGIL – Selama ini Alun-alun Bangil, Kabupaten Pasuruan, memang menjadi tempat yang nyaman bagi banyak orang untuk sekadar nongkrong. Tak terkecuali bagi anak-anak jalanan (anjal).

Hanya saja, keberadaan mereka kerap mengusik pengunjung lainnya. Sehingga, memicu keresahan warga. “Karena munculnya keresahan warga itulah, penertiban anak jalan ataupun anak-anak punk ini kami lakukan,” ujar Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko.

Sabtu (6/1) malam, Yudha mengaku mengamankan sejumlah anak jalanan yang nongkrong di kawasan Alun-alun Bangil. Namun, upaya penertiban ini tidak mudah. Para anjal yang mendapati petugas mendekat, berusaha kabur. Sehingga, petugas dan anjal harus adu cepat.

Syukur, sejumlah anjal yang berusaha kabur itu masih berhasil diamankan. Sedikitnya, ada empat anjal yang berhasil digiring ke kantor Satpol PP. “Mereka sempat lari. Tapi, tak bisa berkutik dari kejaran petugas,” ujar Yudha.

Setelah didata di kantor Satpol PP, mereka langsung digiring ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan. Dari sana, mereka akan diserahkan ke orang tuanya masing-masing. “Mereka anak-anak Lamongan,” ujar Yudha.

Source link