Razia Miras Mulai Sasar Pelabuhan – Radar Banyuwangi

BANYUPUTIH – Satsabhara Polres Situbondo, Jumat (17/11) menyasar penjualan minuman keras (miras) di sejumlah pelabuhan yang ada di Situbondo. Dalam satu hari di dua pelabuhan, polisi berhasil mengamankan puluhan minuman beralkohol itu.

Tempat pertama yang disatroni petugas adalah pelabuhan pantai Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih. Petugas bergerak sekitar pukul 16.00. Di tempat itu, polisi menyita dua buah jerigen miras jenis arak yang berisi sekitar 30 liter.

Kemudian sekitar pukul 17.00, regu patroli berpindah ke pelabuhan Jangkar. Di pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Madura itu, ditemukan 26 botol miras berbagai merk. Diantaranya, miras merk Newporth Biru sebanyak tiga botol,  Newporth Kuning dua botol, Beer Prost dan Anggur Hitam masing-masing lima botol, serta sebelas botol miras merk Iceland.  

Kasatsabhara Polres Situbondo, AKP. Muhammad Hasanudin menerangkan, razia tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari warga sekitar. “Masyarakat mengaku resah karena di lingkungan mereka diduga ada yang menjadi penjual miras jenis arak yang cukup besar,” ujarnya.

Mendapatkan informasi tersebut, petugas langsung bergerak. Setelah melakukan pemeriksaan di beberapa warung, polisi menemukan puluhan botol miras. “Razia dilakukan pada sore hari karena bukanya sore hingga malam,” kata Hasanudin. 

Setelah diamankan, seluruh barang bukti tersebut dibawa ke Polres Situbondo. Sedangkan pemilik warung diberikan pembinaan serta dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. “Kami juga memberikan sosialisasi tentang bahaya miras,” kata Hasanudin.

Dalam pembinaan tersebut, Hasanudin menyampaikan bahwa miras sangat berbahaya. Dampak negatif yang paling mengkhawatirkan adalah dapat merusak generasi muda bangsa. “Setiap kali razia kami selalu menyampaikan itu,” pungkasnya.

Source link