Rehab Jalan Sultan Agung – Radar Bromo

PURWOREJO – Pengendara akan semakin nyaman saat melintas di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Sejak Jumat (17/11) lalu, Pemkot Pasuruan meningkatkan jalan ini. Proyek senilai Rp 1,8 miliar itu dikerjakan malam hari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan Agus Fajar membenarkan, adanya peningkatan Jalan Sultan Agung. Kegiatan ini dianggarkan Rp 1.873.300.000 melalui APBD 2017.

Peningkatan jalan berupa pengaspalan ulang dengan cara hotmix sepanjang 775 meter. Selain itu, pihaknya juga mengeruk tepi jalan selebar 40 sentimeter karena landasannya masih tanah. Nantinya, tepi jalan ini akan dikuatkan dengan semen, sehingga tidak mudah rusak.

“Peningkatan jalan ini atas permintaan Wali Kota Setiyono. Pengerjaanya dilakukan sejak Jumat lalu. Supaya tidak mengganggu pengendara yang melintas, maka pengerjaannya sengaja kami laksanakan malam hari,” ujar Agus.

Peningkatan Jalan Sultan Agung, menurut Agus, berfungsi sebagai penunjang kegiatan car free day (CFD). Nantinya, aspal jalan dan trotoar akan disambung, sehingga bisa digunakan untuk permainan anak seperti sepatu roda dan skateboard.

“Lagi pula kegiatan utama Pemkot hampir seluruhnya dilaksanakan di GOR Untung Suropati yang terletak di Jalan Sultan Agung. Jika tidak dilakukan peningkatan jalan, aspal jalan bisa mudah rusak saat musim hujan tiba,” ujarnya.

Source link