Rest Area Purwosari Mangkrak – Radar Bromo

PURWOSARI – Sudah dikucuri dana besar, rest area di Desa Martopuro Kecamatan Purwosari tak kunjung dimanfaatkan. Sampai kini kondisinya bahkan terkesan mangkrak. Padahal, sudah banyak dana yang dikeluarkan.

Rest area di Martopuro ini sejatinya sudah tuntas dibangun sejak tahun lalu. Rest area itu berdiri di atas lahan tanah aset pemkab. Di rest area itu dilengkapi kanopi memanjang yang diproyeksikan diisi pedagang menjual aksesori dan pernak-pernik lainnya. Juga ada toilet umum.

Proyek pembangunan rest area sendiri dianggarkan dari APBD 2016 lalu. Anggarannya mencapai Rp 150 juta. Lantaran tak kunjung dimanfaatkan, kondisinya kini memprihatinkan. Di rest area yang telah dipaving itu banyak ditumbuhi rumput liar.

“Sayang sekali tak kunjung dimanfaatkan. Padahal pembangunannya sudah selesai sejak tahun lalu,” kritik Huda, salah satu warga Desa Martopuro.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Disperindag setempat, Syaifudin Zuhri menegaskan, rest area tersebut tetap difungsikan. Tapi tidak tahun ini.

Menurutnya, di Perubahan APBD (P-APBD), proyek rest area itu kembali dapat anggaran tambahan. Yakni sebesar Rp 60 juta untuk melengkapi sejumlah sarana dan prasana kekurangan yang ada.

“Rest area tersebut akan ditempati mulai awal tahun depan. Operasionalnya sendiri menunggu kegiatan fisiknya tuntas dulu di P-APBD,” jelasnya.

Source link