RS Al Huda Siaga Lebaran Siap Full Team – Radar Banyuwangi

GAMBIRAN – Lebaran hampir tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Rumah Sakit Al Huda (RSAH) telah menyusun kepanitiaan operasi ketupat dan mempersiapkan sarana prasarana guna mengantisipasi ledakan pasien yang rutin terjadi di masa mudik dan balik Lebaran.

Ketua Operasi Ketupat RSAH 2018 dr Qomariah menyampaikan, RSAH telah mempersiapkan sarana dan prasarana dalam menghadapi segala kejadian yang berhubungan dengan arus mudik Lebaran. Termasuk, kata dia, menyiagakan petugas medis untuk mengantisipasi kejadian atau kasus-kasus yang tidak diharapkan selama Lebaran.

Operasi Ketupat disiagakan H-3 sampai H+7 Lebaran, mulai tanggal 12 Juni hingga 22 Juni 2018. ”Rentang waktu tersebut membutuhkan lebih banyak perhatian khusus berkaitan dengan prediksi tingginya arus mudik pada hari-hari tersebut. Tidak tertutup kemungkinan, pada saat itu banyak yang membutuhkan pelayanan medis”, jelas Qomariah.

RS Al Huda, membuka layanan IGD siaga 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. ”Tingginya arus kendaraan selama hari raya dapat pula menyebabkan peningkatan angka kecelakaan lalu lintas. Karena itu, kesigapan petugas medis dan ketepatan penanganan sangat diperlukan guna mengurangi angka kecacatan dan kematian akibat kejadian kecelakaan di jalan,” ujar perempuan yang akrab disapa dokter Qomi itu.

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan Hemodialisa Travelling, kata dokter Qomi, Unit HD RSAH telah membuka layanan HD dalam tiga shift pelayanan mulai Senin sampai dengan Sabtu sejak Mei lalu. Tiga shift itu juga masih berlangsung saat Operasi Ketupat berlangsung. ”Dengan jumlah mesin yang mencapai 27 unit, diharapkan bisa menjadi solusi bagi pasien HD yang membutuhkan layanan cepat termasuk pasien HD Travelling,” paparnya.

Qomi menyampaikan, untuk mengantisipasi penyakit yang sering muncul akibat perubahan pola makan masyarakat selama puasa dan setelah puasa seperti diare akut, infeksi saluran napas, dapat dilayani di klinik umum yang tetap buka mulai pukul 07.00-21.00 setiap hari.

Ditambahkan, instalasi penunjang medis seperti apotek, laboratorium, dan radiologi disiagakan selama 24 jam. Demikian pula Klinik Gigi dan Fisioterapi tetap buka seperti biasanya, sehingga selama perayaan Idul Fitri, RS Al Huda tetap siaga memberi layanan kesehatan pada masyarakat.

Menurut Qomi, RSAH menyiapkan layanan home care bagi pasien yang membutuhkan perawatan kesehatan di rumah setelah perawatan di rumah sakit. ”Layanan home care ini diberikan kepada pasien yang memerlukan perawatan medis, namun ingin melanjutkan perawatan di rumah karena hendak merayakan Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Hal ini tentunya dengan pertimbangan medis dan telah mendapat izin dari dokter penanggung jawab perawatan” tegasnya

Tim ambulans juga disiapkan untuk menjemput pasien di mana pun pasien berada dan dalam kondisi apa pun melalui layanan ambulance call (0333) 842118. Demikian pula dengan kamar operasi dan tim operasi RSAH disiagakan 24 jam. ”Diharapkan tidak ada kasus yang tertunda untuk ditangani karena tim operasi dan kamar operasi tetap siaga selama Operasi Ketupat berlangsung,” pungkasnya.(*/bay)

(bw/mls/ics/JPR)

Source link