Rutan Medaeng Amankan 23 Ponsel di Kamar Tahanan – Radar Surabaya

Kepala Rutan Medaeng Bambang Haryanto mengatakan, selain  23 unit HP itu, petugas keamanan rutan juga mendapatkan sendok, garpu, headset, charger, hingga alat pemasak nasi. “Kami terus melakukan razia di dalam kamar sel. Nah, barang yang selalu kami temukan itu HP,” ucapnya, Kamis (14/12).

Ada banyak modus yang dilakukan pengunjung untuk menyisipkan HP ke dalam rutan. Menurut Bambang, kebanyakan HP itu dibawa para tahanan setelah menjalani sidang di pengadilan negeri. “Tidak jarang keluarga tahanan yang menyisipkan HP ke dalam sel,” ungkapnya.

Ayah dua anak ini menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketat kepada pengunjung serta para tahanan. Ada body scaner dan mesin X-Ray yang sudah disiapkan. Petugas pun selalu memeriksa barang bawaan pengunjung dan tahanan saat usai sidang. “Kami juga memeriksa secara manual,” beber Bambang.

Bulan Desember ini banyak keluarga warga binaan yang berkunjung. Hal ini membuat banyak barang terlarang yang masuk ke dalam rutan. 

Sejak Oktober lalu, petugas menyita sekitar 500 HP, 50 charger, serta 20 sendok dan garpu. Bukan itu saja. Petugas juga pernah mengamankan satu botol minuman keras hingga narkoba. “Kalau narkoba, kami langsung serahkan ke pihak kepolisian untuk diproses,” terangnya. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)