Rute Penerbangan Solo-Makassar – Radar Solo

District Manager Sriwijaya Air Solo Taufik Sabar mengatakan, rute penerbangan langsung Solo-Makassar akan dibuka Rabu (20/12). Penerbangan dilayani setiap hari ini dengan nomor penerbangan SJ 786. Pewasat berangkat dari Solo pukul 19.20 dan tiba di Makassar pukul 22.10 WITA.

”Ini penerbangan langsung ke Makassar, enggak perlu transit. Makanya, kami pilih jadwal berangkat dari Solo malam hari. Agar penumpang yang akan ke kawasan Papua menunggunya tidak terlalu lama di Makassar. Selama ini penerbangan di kawasan timur atau Makassar haru melalui Jakarta dulu dan nunggunya lumayan lama,” papar Taufik kepada Jawa Pos Radar Solo.

Dari Makassar, pesawat Sriwijaya Air akan kembali ke Solo melalui nomor penerbangan SJ 785. Berangkat pukul 17.50 WITA dan akan tiba di Solo pukul 18.40. Dikatakan Taufik, dengan pembukaan rute baru tersebut, pasar penerbangan ke Indonesia timur yang selama ini cukup besar bisa terlayani dengan baik. Rute itu akan mengakomodasi para penumpang dari dan atau ke kawasan Papua dan sekitarnya, seperti Sorong, Timika, Biak, Manokwari, Merauke, Jayapura, bahkan hingga Langgur.

”Kawasan Papua sedang berkembang, sama halnya dengan Kota Solo dan sekitarnya. Sehingga dengan pembukaan rute langsung Solo-Makassar ini diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat Solo menuju rute-rute Indonesia Timur, begitu juga sebaliknya,” terang Taufik.

Untuk harga tiket pesawat, diakui dia, sangat kompetitif, yakni Rp 700 ribu per tiket. Sriwijaya Air optimistis load factor pesawat untuk rute penerbangan baru tersebut bisa selalu tinggi. Apalagi jika melihat tingginya keterisian pesawat untuk penerbangan menuju timur yang transit di Jakarta selama ini.

Sementara itu, ditanya mengenai antisipasi peningkatan permintaan layanan penerbangan di momen libur panjang Natal dan Tahun Baru, Taufik mengatakan, Sriwijaya Air sudah melakukan persiapan. Pihaknya telah mengajukan penambahan penerbangan yang akan dimulai pada pada 20 Desember 2017 sampai 7 Januari 2018. ”Terutama untuk penerbangan Solo-Jakarta dulu,” pungkas dia.

(rs/gis/bay/JPR)