Sangat Penting, Penguasaan BLS – Radar Jember

Bila pasien tidak mendapatkan pertolongan awal dalam beberapa menit saja, maka akan berakibat fatal. “Oleh sebab itu, kecepatan dan ketepatan pertolongan harus sesegera mungkin dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk. Ini menjadi gambaran betapa pentingnya pengetahuan dan kemampuan Basic Life Support,“ ungkap dr I Gusti Gede Prawira Negara SpAn dari RSU Kaliwates. 

Untuk itu, Sabtu 23 Desember 2017 lalu, tim dari RSU Kaliwates berbagi ilmu memberikan pelatihan BLS kepada staff dan karyawan Hotel Dafam Jember. Acara ini terlaksana di Hall Hotel Dafam dan diikuti oleh seluruh staff dan karyawan Hotel Dafam. Pemateri dalam pelatihan BLS ini yaitu dr I Gusti Gede Prawira Negara SpAn. 

Dia memberikan materi tentang BLS sekaligus praktiknya serta memberikan kesempatan kepada staff dan karyawan Hotel Dafam untuk memperagakan /simulasi langsung BLS pada manekin khusus yang digunakan untuk pembelajaran yang dipandu oleh tim RSU Kaliwates. 

Chistine, HRD Hotel Dafam menuturkan bahwa materi BLS dalam kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kami begitu bersemangat mempelajari dan mempraktikkan skill BLS ini. Karena sebenarnya BLS sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat training tadi, kami diberi kesempatan untuk mencoba langsung praktik BLS dalam sebuah skenario pasien,” ujar Chistine.

BLS punya peranan penting karena ini merupakan langkah pertama untuk menolong orang yang mengalami henti jantung terutama orang yang kita temui langsung. “Memang kegiatan training seperti ini penting untuk dilaksanakan. Di luar negeri, BLS diajarkan kepada semua kalangan masyarakat tidak hanya kepada kalangan tenaga medis saja seperti dokter, karena BLS harus bisa dilakukan oleh semua orang. Saya tentu berharap agar kita semua bisa memahami pengetahuan dan skill BLS secara optimal. Sehingga kita dapat menolong orang lain,” imbuhnya.

Jika Anda menemui kegawatdaruratan pada orang-orang di sekitar atau bahkan orang yang Anda sayangi, kami siap melayani dengan menghubungi (0331) 483505 IGD Rumah Sakit Umum Kaliwates selama 24 Jam. 

(jr/lin/aro/das/JPR)

Source link