Santri Bata-Bata Wisuda Alquran dan Tafsir Al Jalalain – Radar Madura

Disiplin ilmu yang diwisudakan meliputi Qawaid Al-Lughah yang meliputi materi Alfiyah Ibnu Malik dan syarah ’Arudh serta balaghah. Ada juga santri yang wisuda tahfidz Alquran  30 juz sekaligus tafsir Jalalain dan Qiraah al-Sab’ah.

Untuk menguji kemampuan wisudawan, undangan diberi kesempatan mendemonstrasikan atau bertanya langsung sesuai kedisiplinan ilmu yang didalami wisudawan. Salah satu yang menguji kemampuan mereka adalah KH. Abd. Mughni, pengarang Kitab Al-Hikam Alfiah asal Gresik yang berstatus sebagai ustad senior PP Langitan, Tuban.

Demonstrasi itu disaksikan para alim ulama dan ribuan undangan. ”Sedangkan santri takhassus yang wisuda meliputi beberapa disiplin keilmuan. Seperti Asbabun Nuzul, Arud, balaghah, faraid, qawaid al-fiqh, ushul fiqh, ulumul Quran, dan bidang disiplin keilmuan lainnya,” terang Syaiful Bahri, S.Pd., selaku Ketua Panitia Wisuda Akbar III Maktab Nubdzatul Bayan, Bata-Bata.

Sebelum wisuda, Maktab Nubdzatul Bayan juga menggelar lomba baca kitab kuning antarcabang Maktuba se-Indonesia. Lomba diikuti ratusan santri dan santriwati dengan memilih enam pemenang di tiap kategori (putra-putri). Juara pertama putra dan putri berhak mendapatkan hadiah umrah.

Juara pertama putri diraih Imayatul Hasanah delegasi dari PP Mambaul Ulum (Probolinggo), juara dua Linatul Anisah dari PP Al-Ikhwan (Sumenep), dan juara tiga Alisatul Munawarah dari PP Mambaul Ulum (Sumenep). Juara harapan satu diraih Zitki Mu’arrofah dari PP Bustanul Ulum (Jember), harapan dua ada Siti Nur Fadhilah dari PP Mambaul Ulum (Jember), dan harapan tiga Anis Fitria dari PP Mambaul Ulum (Probolinggo).

Juara pertama putra diraih Fathor Rosi dari PP Al-Amien Tegal (Sumenep), juara dua Mahbubi Firdausi dari PP Mambaul Ulum (Tebul, Pamekasan), dan juara tiga Imam Tabroni dari PP Nurul Jadid Paiton (Probolinggo).

Harapan satu diraih Mustain Romli dari PP Nurul Jadid (Probolinggo), harapan dua Moh. Ma’dinul In’am dari PP Al Abror (Banyuwangi), dan harapan tiga diraih Ahmad Diyono dari  PP Mambaul Ulum (Probolinggo).

(mr/sin/luq/bas/JPR)