Satu Dicabut, Muncul Laporan Kedua, Dugaan Money Politics Lanjut – Radar Madura

Tiga saksi dari desa dimintai keterangan oleh Panwaslu Bangkalan Rabu (21/2). Yaitu, Kades Rongdurin Muammar, Kades Pettong Nurul Yaqin, dan Sekdes Patemon Farosid. Tiga saksi tersebut datang ke kantor panwaslu dengan dikawal belasan Kades.

Ardiansyah menyampaikan, pihaknya mendapatkan laporan dari beberapa Kades yang menerima uang atas pemberian dari salah satu cabup. Pihaknya lalu melaporkan hal tersebut ke panwaslu.

”Tiga Kades yang diperiksa awalnya bercerita ke saya bahwa dikasih uang. Mereka bercerita sampai akhir,” katanya. Tiga saksi yang dihadirkan mengaku menerima uang Rp 30 juta per Kades. ”Barang bukti berupa uang sudah kami serahkan kepada panwaslu,” tutur Ardiansyah.

Ketua Panwaslu Bangkalan A. Mustain Saleh mengatakan, laporan kedua dugaan money politics bukan dari kalangan Kades, tapi dari LSM. ”Dua Kades dan satu Sekdes hanya sebagai saksi,” katanya.

Atas laporan kedua ini, langkah selanjutnya melakukan pengembangan pemeriksaan. Hasil klarifikasi sementara, terdapat sejumlah nama yang disebut. ”Kami punya waktu tiga hari lagi untuk memproses laporan kedua ini. Selanjutnya tetap ada pemeriksaan saksi,” ujar dia.

(mr/daf/hud/han/bas/JPR)