SBY dan Pakde Karwo Kawal Penuh Kemenangan Khofifah-Emil – Radar Madura

Bicara di hadapan lebih kurang 1.500 undangan selama lebih kurang 25 menit tersebut, pria yang akrab disapa SBY itu menilai Khofifah merupakan sosok pemimpin luar biasa dan tak diragukan lagi keberpihakannya terhadap rakyat kecil. ”Saya kenal beliau sudah lama. Beliau itu tegar dan pantang menyerah. Selama kampanye, lanjut SBY, tidak terlalu banyak mengumbar janji kepada rakyat. ”Calon pemimpin tidak boleh terlalu banyak janji karena hampir pasti tidak mungkin bisa ditepati. Makanya, saya bangga dengan ibu (Khofifah, Red) karena tidak terlalu banyak berjanji,” tandasnya, sembari disambut tepuk tangan hadirin. Yang namanya pemimpin, lanjut mantan presiden dua periode itu, jangan sering menebar janji. 

Selain berpesan jangan sering menebar janji, SBY berpesan kepada Khofifah agar menjunjung tinggi prinsip keadilan apabila kelak terpilih sebagai gubernur Jatim. Karena hanya dengan adil sajalah, masyarakat bisa sejahtera. ”Pemimpin harus bisa menyejahterakan rakyat,” katanya. SBY juga berpesan kepada Khofifah agar tak jauh dari rakyat jika terpilih nanti. Karena dari dukungan mereka sajalah, seorang bisa menjadi pemimpin. Lebih lanjut, SBY juga meminta agar Khofifah melanjutkan dan menyempurnakan apa yang sudah dicapai gubernur sebelumnya, Soekarwo. Sehingga akan tercipta kepemimpinan yang berkelanjutan. ”Pastikan apa yang sudah dicapai Pakde Karwo dilanjutkan. Yang sudah baik dilanjutkan dan yang belum segera disempurnakan,” terang pria dua anak itu.

Sedangkan dalam pertemuan kemarin juga turut hadir beberapa tokoh penting. Antara lain, pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali Kota Malang Sutiaji dan Edi, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ir. H Ghufron Marzuki, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang Arif Dharmawan, dan sejumlah pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur, serta sejumlah pengurus DPP. 

KH Dr. Mujayid, penceramah acara, menyampaikan bahwa halalbihalal merupakan fitrah, di mana hal itu bisa menjadi kunci sukses. Dengan begitu, apa yang diinginkan umat bakal terwujud manakala fitrah itu ada. ”Kalau ingin sukses, ya harus menjaga fitrah itu,” ungkapnya. Tak hanya itu, masih kata dia, bagi calon pemimpin juga harus yakin. Artinya, calon pejabat harus yakin sukses. ”Harus yakin pokoknya. Juga banyak istigfar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo terus bergerak untuk pemenangan pasangan calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan wakil gubernur Emil Elestianto Dardak. Langkah itu semakin intensif menjelang pencoblosan 27 Juni meskipun Soekarwo saat ini berada di luar negeri.

Soekarwo sejak Lebaran kemarin memang berada di Australia bersama keluarga dan kemarin (19/6) langsung bertolak ke Maroko untuk menerima penghargaan Feminization Poverty Award dari PBB yang diserahkan di Maroko pada 20 Juni sampai 22 Juni. Karena itu, Soekarwo tidak bisa mendampingi langsung kedatangan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 18–20 Juni di Jawa Timur.

Soekarwo melalui saluran seluler Senin (18/6) mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jawa Timur mulai kemarin (19/6) di Madiun, Bangkalan, dan Malang adalah atas masukan DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Sebab selain pilgub Jatim, ada pilkada kabupaten/kota yang diusung Partai Demokrat dan punya target menang. ”Saya setiap hari berkoordinasi dengan ketua umum terhadap perkembangan pilkada di Jawa Timur, termasuk mengajak ketua umum untuk sekali lagi menguatkan kemenangan pilgub dan pilkada di Jawa Timur,” papar gubernur Jatim dua periode itu.

SBY Gelar Apel Siaga di Madiun

PELAKSANAAN Pilgub Jatim 2018 yang menyisakan hitungan hari membuat pengurus Partai Demokrat menggelar rapat internal di Gedung Asrama Haji, Madiun, kemarin (18/6). Rapat yang digelar bersamaan dengan halalbihalal partai tersebut pun membahas persiapan partai untuk memenangkan kandidat calon yang diusung. Baik calon gubernur, bupati, ataupun wali kota bersama wakilnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Madiun Istono menyambut baik kehadiran SBY ke Madiun. Dengan arahan SBY, dirinya berharap persiapan pilkada di wilayah Madiun berjalan lancar. Dirinya pun optimistis kader Partai Demokrat mampu berjaya di ajang pilkada, pileg, hingga pilpres. ”Periode sebelumnya (kader Demokrat, Red) mewarnai Madiun,” ucapnya. 

 

(mr/*/bas/JPR)