SDN Prajekan Lor 1 Raih Adiwiyata Jatim – Radar Jember

Kepada Jawa Pos Radar Ijen, Kepala SDN Prajekan Lor 1 Mulyono mengungkapkan, Penghargaan Adiwiyata Tingkat Jawa Timur itu diberikan langsung Asisten Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Fattah Jasin, kemarin (28/11). Pemberian itu bertempat di Taman Safari Prigen, Pasuruan. “Pemberian penghargaan tahun ini berlangsung bersamaan dengan Hari Puspa dan Satwa Nasional,” ungkapnya.

Temanya adalah Mendekatkan Manusia kepada Alam dan Mendekatkan Alam kepada Manusia. Dari Bondowoso, hanya SDN Prajekan Lor 1 yang diundang. Sedangkan di tingkat Jawa Timur, ada 120 sekolah yang diundang dan dinyatakan mendapatkan Adiwiyata 2017.

Dijelaskan, SDN Prajekan Lor 1 dalam urusan pengembangan sekolah Adiwiyata selama ini di bawah binaan SMAN Prajekan. Karena itu, dengan adanya penghargaan ini, Mulyono mengucapkan terima kasih kepada Pembina dan kader-kader Adiwiyata dari SMAN Prajekan untuk turut mengantarkan SDN Prajekan Lor 1 masuk ke ranah yang lebih bergengsi. “Selain itu bimbingan dan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Bondowoso juga sangat menjadi ilmu terapan,” ungkap Mulyono.

Selama ini, pihaknya memang membangun nuansa Adiwiyata di sekolah. Karena itu nuansa adiwiyatanya sangat dominan. Mulai dari Kawasan Tanpa Rokok( KTR), biopori yang dibuat untuk menangkap air dan sebagai resapan air, tempat sampah yang sudah terbagi dalam sampah unorganik, organik, dan logam. Demikian pula green house sebagai tempat pembibitan yang dipraktekkan langsung oleh siswa terlihat jelas. 

(jr/hud/wah/das/JPR)

Source link