Sejam, Gunung Agung Tiga Kali Erupsi – Bali Express

BALI EXPRESS, AMLAPURA –  Gunung Agung Karangasem erupsi lagi, Senin (2/7) pagi. Bahkan dalam sejam, gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl itu tiga kali erupsi. Erupsi pertama pukul 06.19 Wita. Tinggi kolom abu teramati dengan ketinggian sekitar 2000 meter di atas puncak kawah. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi terekam 3 menit 47 detik.

Erupsi susulan terjadi pada pukul 06.41 Wita dan 06.55 Wita dengan tinggi kolom abu masing-masing teramati setinggi sekitar 1000 m  dan 700 m di atas puncak kawah. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal itu juga condong ke arah barat. Erupsi kedua terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm, durasi sekitar 2 menit 11 detik. Sedangkan erupsi ketiga terekam 20 mm,  durasi 2 menit 38 detik. Hingga saat ini status gunung masih level III (Siaga). Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, erupsi ini merupakan hal biasa karena status gunung mash berada di level III (Siaga).

“Artinya gunung ini belum stabil. Jadi erupsi bisa terjadi setiap saat,” ujar Kasbani ditemui di Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Rendang, Senin pagi. Ia pun mengimbau masyarakat yang di lingkar Gunung Agung tetap waspada.

(bx/wan/yes/JPR)

Source link