seleksi perangkat desa tidak menggandeng pihak ketiga – Radar Kudus

KOTA – Lebih dari seratus desa di Kabupaten Rembang memutuskan untuk menggelar seleksi perangkat desa oleh panitia setempat. Mereka yang desa-desanya menggelar seleksi sendiri ada di empat kecamatan. Lainnya menyebar di beberapa kecamatan.

Pertemuan antara paguyuban kepala desa dengan Pemkab Rembang digelar di ruang Asisten I Sekda kemarin. Pertemuan itu untuk berkoordinasi sekaligus mengklirkan persoalan pengisian perangkat desa.

Ketua Paguyuban Kepala Desaa se-Kabupaten Rembang Jidan Gunorejo mengungkapkan, sebelumnya banyak masyarakat yang beranggapan bahwa seleksi menggandeng pihak ketiga merupakan suatu keharusan.

Padahal, bupati sendiri tidak mengeluarkan kebijakan tersebut. Pelaksanaan seleksi menggandeng pihak ketiga sifatnya hanya himbauan. Sehingga pihaknya perlu mengklirkan persepsi tersebut dengan bertemu Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), sebagai fasilitator pengisian perangkat desa.

”Memang sempat ada miss komunikasi. Karena Pak Bupati tidak pernah mengeluarkan kebijakan itu. Tapi, kada persepsi di bawah seakan-akan suatu keharusan,” jelasnya.

Sejauh ini, terdapat empat kecamatan yang seluruh desanya melaksanakan seleksi perangkat desa oleh panitia setempat. Kelimanya terdiri dari, Kecamatan Sarang, Pamotan, Bulu dan Rembang.

Jidan mengungkapkan panitia di desa-desa itu merasa mampu untuk melaksanakan seleksi sendiri, tanpa menggandeng pihak ketiga. Namun, dalam pembuatan soal tetap bekerjasam dengan pihak-pihak yang berkompeten.

Kepala Bagian Tapem Setda Rembang Mashadi menjelaskan, pemkab selalu bersedia memfasilitasi desa-desa dalam pengisian perangkat. Baik yang bekerjasama dengan pihak ketiga ataupun tidak.

”Prinsipnya semua kan dikembalikan ke desa itu sendiri. Tapi, kami juga siap memfasilitasi untuk semua desa,” jelasnya.

(ks/lid/ali/top/JPR)

Source link