Serap Ilmu Pariwisata dari Belitung – Radar Solo

Kedatangan rombongan Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno disambut Wakil Bupati Beltim Burhanudin. Sebelumnya, Beltim adalah kawasan yang hanya bergantung pada industri pertambangan timah. Namun, hasil timah semakin menipis. Sedangkan dampak dari penambangan timah sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata.

”Masih banyak wilayah yang digunakan untuk sektor pertambangan. Tapi, tidak sedikit potensi di wilayah bibir pantai bisa digali,” tuturnya.

Burhanudin mengakui kebangkitan pariwisata Belitung tidak lepas dari novel dan film Laskar Pelangi yang menggambarkan fakta kondisi di Belitung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Beltim Helly Tjandra menyampaikan, angka kunjungan wisatawan pada 2010 hanya 11.000. Sedangkan pada 2017 bisa melesat hingga 250 ribu.

”Kita kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dan bersinergi dengan pelaku pariwisata. Kita juga branding pariwisata Visit Beltim sejak 2014,” terangnya.

Dari paparan tersebut, Dedy Endriyatno menjadi bekal mengembangkan pariwisata di Sragen. Salah satunya yakni Sangiran yang memang tiada duanya di Indonesia.

(rs/din/fer/JPR)