Serunya Menerobos Hutan dengan ATV di Pertiwi Quad – Bali Express

Wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak perlu repot mencari spot ATV, karena fasilitas petualangan off road ini sudah banyak tersedia. Salah satunya ada di Pertiwi Quad, Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Di destinasi wisata off road ini, wisatawan akan dimanjakan dengan medan off road yang menantang dengan delapan rute.

Oka Arsana, salah seorang pemandu ATV di Pertiwi Quad Bongkasa, mengatakan, aktivitas mengendarai ATV ini menjadi salah satu favorit wisatawan asing. “Untuk tamu yang datang, sebagian besar adalah wisatawan asing, dengan dominasi Australia,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), kemarin.
Sebelum diajak menjelajahi medan off road, peserta akan diberikan peralatan keamanan berupa helm dan sepatu boots karet yang disiapkan oleh Pertiwi Quad. Setelah menggunakan perangkat keamanan, peserta off road akan diberikan briefing mengenai cara mengendarai ATV dan rute yang ditempuh.

Dikatakan Oka,  peserta sebelum diajak keliling harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Pasalnya, ATV ini tidaklah sama dengan sepeda motor biasa, meskipun posisi duduk di ATV sama dengan sepeda motor pada umumnya dengan tangki yang dijepit kedua kaki, lalu setangnya pun menjulang persis motor kebanyakan. Tapi, kendaraan jenis ini punya beberapa perbedaan mendasar saat mengendarainya.

Ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan ketika mengendarai kendaraan ini. Pertama yang harus dilakukan dalam mengoperasikan kendaraan ini adalah membiasakan dahulu mengoperasikan gas bukan dari selongsong di setang, tapi dengan tuas yang ditekan jempol. “Awal-awal biasanya kagok, tapi kalau sudah berkendara beberapa kali akan terbiasa,” lanjutnya.

Setelah briefing, peserta akan langsung diajak untuk menjajal medan off road. Untuk  satu kali putaran, peserta akan menempuh perjalanan sepanjang 25 kilometer dengan waktu tempuh mencapai 2 jam.
Perjalan dimulai dengan menempuh trek lurus menyusuri areal persawahan milik warga Desa Bongkasa, setelah sekitar satu kilometer, uji nyali baru dimulai. Peserta diajak memasuki kawasan hutan desa dengan medan tempuh yang benar-benar off road, mulai dari turunan dan tanjakan berlumpur. “Untuk saat ini medan jalan sebagian terendam air karena musin hujan, namun disanalah keseruannya,” ungkap Oka.

Setelah melalui hutan yang pertama,  menyeberang jalan desa, perjalanan dilanjutkan dengan off road di hutan desa yang kedua. Di hutan desa ini, jalur yang dilalui lebih menantang. Selain terendam air setinggi lutut orang dewasa, tanjakan dan turunan yang disediakan juga lebih terjal. Setelah setengah rute dilalui, peserta diajak untuk istirahat sekitar 15 menit. Selama istirahat, peserta akan disuguhi minuman dingin dan kelapa muda. “Untuk soft drink diluar tanggungan ATV, jadi peserta bayar sendiri jika ingin membeli minuman ini,” pungkas Oka.


Delapan Rute Medan Berbeda

Bertualang dengan ATV  memberikan pengalaman berbeda, apalagi menjajal medan off road. Biasanya, pengelola ATV menyediakan  beberapa pilihan rute dengan tantangan dan jarak tempuh yang berbeda.
Lili, Marketing Pertiwi Quad ATV Bongkasa, mengatakan,  pihaknya memiliki delapan pilihan rute dengan waktu tempuh dan tingkat kesulitan yang berbeda. “Kami punya delapan pilihan rute, dan peserta bisa memilih tingkat kesulitan dari rute yang kami sediakan,” paparnya.

Kedelapan rute ini secara umum  dibagi menjadi dua, yakni rute dengan kategori soft off road dan medan yang memang benar-benar off road. Medan soft off road ini memiliki tipe jalur yang mudah dilalui, dengan tanjakan dan turunan yang tidak terlalu tajam.

Sedangkan tipe hard off road adalah tipe medan yang memiliki karakter jalur yang benar-benar memerlukan keterampilan dan keahlian pengendara ATV. “Untuk faktor keamanan, kedua tipe medan ini pasti didampingi oleh pemandu, sehingga keselamatan peserta terjamin,” paparnya. Lili mengatakan, peserta yang ingin merasakan sensasi off road dengan kendaraan ATV  dikenakan biaya Rp 550 ribu per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp 750 ribu untuk wisatawan asing. “Harga tersebut sudah termasuk asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan bagi peserta ATV,” tambahnya. 

(bx/gek/yes/JPR)

Source link