Server Ngadat, Simulasi UNBK Pertama Molor – Radar Surabaya

Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK tahap pertama kembali mengalami kendala. Akibat server ngadat, para siswa tidak bisa mengakses soal. Tak pelak, beberapa sekolah terpaksa memundurkan jadwal pelaksanaan. Bahkan, beberapa sekolah lain terpaksa memulangkan siswa yang dijadwalkan mengikuti sesi pertama.

“Terpaksa kami undur agar bisa melaksanakana simulasi semua,” terang Ketua Proktor SMK PGRI 1 Gresik Hamdi Riza.

Menurut dia, status pada komputerpun hanya standby tanpa ada keterangan. Namun, computer tidak bisa diakses. “Karena gangguan dari pusat, kami hanya menunggu. Sebab secara internal kami sudah siap,” lanjut dia. 

Hal senada disampaikan Kepala SMKN 1 Cerme Yoyok Triharyoko. Ia mengatakan, gangguan dari pusat ini memang sedikit menghambat simulasi. “Namun tidak apa, karena masih ada simulasi lain dan siswa kami masih diujicobakan, meski jadwal harus mundur satu sesi lagi,” terangnya.

Terpisah, Kepala SMK Dharma Wanita Ratna Sunarsasih mengatakan, kendala ini memang cukup merugikan. Terutama waktu, kesiapan siswa dan tertundanya kesempatan uji coba pertama bagi siswa. “Namun kesalahan teknis ini kita maklumi, yang terpenting siswa diberikan pembelajaran dengan baik dan bisa mengikuti simulasi berikutnya,” paparnya.

Menanggapi persoalan ini, Kepala Seksi Pendidikan SMA, SMK dan PKLK Cabang Dinas Pendidikan Gresik Rita Riana mengatakan, gangguan tersebut memang merata dan berasal dari pusat. Meski membuat keributan, namun hal ini bukan masalah berat. “Masih ada simulasi berikutnya, tak masalah untuk menunda uji coba atau siswa tak berkesempatan mencoba. Karena di beberapa SMK juga sudah melaksanakan simulasi untuk ujian sekolah,” terang dia.

Ia menyebutkan, tahun ini ada 54 SMK yang menjadi peserta UNBK. Jumlah ini, disebut Rita sebagai jumlah seluruh SMK di Gresik. Tahun lalu hanya 49 SMK yang menjadi peserta UNBK. “5 SMK yang baru ini baru melaksanakan UN tahun ini, dan langsung UNBK,” sebutnya. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)

Source link