Siapkan Acara Spesial Sambut Kirab Api Asian Games 2018 – Radar Banyuwangi

SITUBONDO – Kabupaten Situbondo salah satu daerah yang dilewati rombongan kirab api Asian Games 2018. Berdasarkan jadwal, rombongan pawai obor ini akan sampai di Kota Santri pada tanggal 21 Juli nanti.

Menariknya, pemerintah Situbondo akan memberikan sambutan istimewa kepada peserta kirab. Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Sofwan Hadi mengatakan, acara penyambutan sudah dipersiapkan cukup matang.

Dia menerangkan, peserta kirab akan disambut di tugu 1.000 km Anyer-Panarukan. Ada beragam penampilan kebudayaan Situbondo yang akan ditampilkan. “Kita akan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Di antaranya, ada penampilan tari-tarian khas Situbondo, komunitas motor, dan lain sebagainya. Setelah itu, peserta kirab bertolak ke pendapa dengan disambut bupati dan jajaran Forkompida Situbondo.

Sofwan menerangkan, sebelum kedatangan peserta kirab, diadakan kegiatan bazar. Di sana ada pameran produk unggulan Situbondo. Kegiatan ini didukung penuh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). “Kebetulan, Situbondo dijadikan sentra kegiatan PT. KAI,” terangnya.

Tentu, momen tersebut tidak akan disia-siakan pemerintah daerah. Dia mengatakan, ini menjadi kesempatan emas untuk mengenalkan destinasi wisata yang ada. “Sesuai arahan bupati, kirab api ini menjadi sarana promosi wisata,” ujarnya.

Sofwan berharap, masyarakat juga menunjukkan keramahannya selama penyambutan. Dia mengatakan, semua elemen harus membuktikan, bahwa Situbondo layak menjadi tujuan wisata.

Sementara itu, setelah semua kegiatan penyambutan selesai, pemerintah akan mengantarkan rombongan kirab hingga berpabatasan Situbondo. Rombongan pawai juga akan melewati Bondowoso, Jember, Banyuwangi, serta beberapa daerah lainnya di luar Pulau Jawa.

Sofwan menerangkan, kemeriahan penyambutan kedatangan rombongan kirab api Asian Games akan tetap terasa hingga peserta pawai meninggalkan Situbondo. Sebab, pada keesokan harinya, tanggal 22 Juli, diselenggarakan even trial hill run tingkat Internasional.

Even ini tidak hanya diikuti peserta dari dalam negeri. Beberapa peserta mancanagera, informasinya sudah banyak yang daftar. Seperti Republik Kenya, Amerika, serta negara lainnya. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

Source link