Sistem Pengawas TPS Digital – Radar Solo

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi mengungkapkan, di era digital ini, sudah waktunya kinerja polisi juga dilakukan dengan basis teknologi. Seperti halnya saat Pilgub Jateng  nanti. Pengawasan di tiap TPS perlu dilakukan lewat digitalisasi agar kondisi riil di lapangan terpantau secara cepat dan akurat.

”Mulai dari DPT (daftar pemilih tetap) ada berapa, yang sudah nyoblos berapa, dan apakah sudah selesai atau belum, semua dapat terpantau,” papar Aries di sela  launching Panel Digital Informasi Sistem, Rabu (21/2).

Tujuan dari sistem ini, untuk memudahkan pemantauan pelaksanaan Pilgub Jateng. Apabila terdapat masalah di TPS, pola penangannya bakal cepat. Agar permasalah yang muncul tak menyebar luas. ”Misalnya, di salah satu TPS terjadi masalah, keputusan untuk melakukan tindakan bakal cepat,” beber Aries.

Selain mengawasi jalannya pemungutan suara di pilgub, sistem informasi ini juga menyajikan rencana kegiatan secara lengkap. Baik pimpinan satgas, anggota polisi dalam satgas, serta kegiatan apa saja yang dilakukan dalam kegiatan tersebut.

Kapolres berharap melalui sistem ini, kinerja polisi semakin baik. Serta  terus mewujudkan Polri yang professional, modern, dan tepercaya. ”Apalagi di era keterbukaan seperti sekarang ini. Sudah tidak zamannya lagi ada hal yang ditutup-tutupi,” imbuh Aries. 

(rs/wid/bay/JPR)