Siswi MTs Unggulan Nuris Raih Juara Olimpiade UN – Radar Jember

Bahkan, Proses pembelajaran agama menggunakan acuan kitab tradisional pesantren, yakni ‘kitab kuning’. Sedangkan pembelajaran ilmu pengetahuan umum memadukan kurikulum dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama. 

Penerapan kurikulum tersebut efektif untuk melejitkan kemampuan siswa. Terbukti, dua pelajar MTs Unggulan Nuris mampu meraih juara dalam Olimpiade UN tingkat SMP/MTs se-eks Karesidenan Besuki yang diselenggarakan oleh SMK Kesehatan Medika Farma. Tak tanggung-tanggung, mereka meraih juara dua dan tiga. 

“Lombanya mengerjakan soal UN, ada sekitar 30 peserta,” kata Ana Mutiah, siswi kelas IX MTs Unggulan Nuris  yang meriah juara dua. Sedangkan peraih juara tiga adalah Weni Maftukhah. Mereka harus mengerjakan 95 soal bahasa Inggris, Indonesia, Matematika, dan IPA.

Pada babak penyisihan, mereka berhasil lolos hingga lanjut ke babak semifinal. Mereka berhasil bersaing dengan lima peserta lainnya dan mengikuti tahapan final dalam bentuk cerdas cermat. “Juara satu diraih oleh SMP Nuris sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Nur Hamidah, Bagian Urusan Kurikulum 2017 MTs Unggulan Nuris menambahkan, madrasahnya memang menerapkan pembelajaran dengan perpaduan kurikulum. “Siswa tak hanya diajari ilmu agama, tetapi juga ilmu umum,” tuturnya. 

Bahkan, ketika sudah semester dua kelas IX, para materi pembelajaran ditambah dengan materi olimpiade dan fokus pada soal UN. Ketika mengerjakan soal UN, mereka tidak gugup lagi. “Soal olimpiade yang dipelajari merupakan soal tingkat SMA,” akunya. 

Tak heran, ketika mengikuti lomba olimpiade, para pelajar mudah mengerjakannya. Sebab, mereka sudah terbiasa latihan dengan tugas-tugas di sekolah. “Latihannya seminggu sebelum lomba, sehingga persiapannya matang,” pungkasnya. 

(jr/gus/aro/das/JPR)

Source link