SMK Bina Madina Denpasar Jalin Silaturahmi – Radar Bali

DENPASAR– Bila Ramadan tiba, seluruh umat muslim merasakan banyak keistimewaan. Ramadan memang merupakan bulan penuh berkah. Sebab, berbagai amalan dalam bulan ini, akan mendapat pahala berlipat ganda.

Umat muslim, selain menjalankan ibadah puasa, salat tarawih, salat sunah malam, tadarus Alquran, dan sebagainya. Silaturahmi antarumat pun ditingkatkan di bulan yang salah satu malamnya memiliki keistimewaan  1.000 bulan atau Lailatul Qadar ini.

Seiring hal ini, SMK Bina Madina Denpasar, di bawah naungan Yayasan Al-Ma’ruf, Denpasar, ini, mengadakan kegiatan buka puasa bersama (bukber). Diikuti seluruh warga sekolah.

Menurut ketua panitia penyelenggara bukber, Loni Alfian Nugroho, kegiatan bukber saat bulan Ramadan menjadi salah satu agenda rutin yang di-create oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Bina Madina Denpasar.

“OSIS mewajibkan seluruh siswa untuk hadir mengikuti kegiatan bukber ini. Kali ini ada kurang lebih 100 siswa ikut. Ada juga beberapa staf guru yang hadir. Kami mengonsepkan acaranya sih, sederhana saja, karena yang terpenting adalah makna kebersamaannya,” tuturnya.

Bukber SMK Bina Madina Denpasar berlangsung di gedung sekolah di Jalan Angsoka Cargo Permai I No.12 Ubung, Denpasar, pada Senin lalu (28/5).

Saat itu, tampak, ratusan orang siswa dan beberapa staf guru mengikuti rangkaian acara dengan khusyuk. Kegiatan diawali sambutan dan kuliah tujuh menit (kultum) mengenai keutamaan Ramadan, kemudian membaca doa dan tahlil, buka puasa dengan takjil, salat Magrib berjamaah dan ditutup dengan makan bersama.

“Tujuan utama dari acara bukber ini untuk meningkatkan silaturahmi antarwarga sekolah, sekaligus untuk memeriahkan bulan Ramadan,” imbuh Loni.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Kepala SMK Bina Madina Denpasar Mohammad Heri Setiawan. Menurutnya, selain dapat meningkatkan tali silaturahmi antarsiswa dan guru, bukber ini juga diharapkan dapat meningkatkan iman dan taqwa seluruh warga sekolah.

 “Kami juga ingin memberikan motivasi kepada peserta didik kami, agar tetap menjaga ibadah selama bulan Ramadan. Yaitu berpuasa, salat tarawih, tadarusan, dan sebagainya,” ucap Heri.

Ia juga mengatakan, setiap tahunnya SMK Bina Madina Denpasar akan terus mengadakan kegiatan serupa.

“Insya Allah setiap tahun bukber seperti ini akan diadakan. Ini sebagai wujud kami merayakan bulan Ramadan juga, dan Alhamdulillah, kegiatan lain yang sudah sempat kami lakukan saat Ramadan kali ini adalah berbagi takjil di lapangan Puputan Renon beberapa hari yang lalu,” tutup Heri.

(rb/tir/mus/JPR)

Source link