SMKN 3 Tuban Daftarkan 280 Siswa Try Out CBT – Radar Bojonegoro

Sekolah di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak tersebut mengikutkan seluruh siswanya dari lima jurusan. Yakni, teknik permesinan, kendaraan ringan, kimia industri, rekayasa perangkat lunak, dan jasa boga.

Grada mengatakan, tahun ajaran baru 2016 lalu sekolahnya membuka dua jurusan baru, yaitu teknik pendingin udara dan analisis pengujian laboratorium. ‘’Kami selalu mengikutkan seluruh siswa kelas XII tanpa terkecuali untuk ikut serta tryout,’’ tutur dia.

Pendidik kimia itu mengatakan, pihak sekolah sangat mengapresiasi peran Jawa Pos Radar Tuban untuk memajukan dunia pendidikan di Bumi Wali. Dengan adanya try out ujian nasional (unas) berbasis komputer, media terbesar di Tuban ini menunjukkan kepedulian dan kontribusi nyata dalam aspek pendidikan.

‘’Kegiatan ini bagus karena bisa ikut menjadi bahan evaluasi siswa dan sekolah,’’ ujar pendidik lulusan pascasarjana Universitas Muhammadyah Malang (UMM) itu.General Manager Jawa Pos Radar Tuban Tulus Widodo mengatakan, tryout tahun ini up-to-date sesuai kebutuhan dunia pendidikan era sekarang.

Pada perhelatan tahun ini, ada dua jenis. Yakni, PBT dan CBT. Dia memastikan tryout menggunakan soal yang memiliki kualitas bobot seperti unas.Tulus mengatakan, selain melatih kemampuan siswa, tryout tersebut juga untuk menentukan peringkat siswa dan sekolahnya.

Baik untuk skala regional maupun masing-masing kabupaten. ”Dengan mengetahui peringkat, bisa jadi bahan evaluasi sekolah maupun siswa,” ujar dia. Dalam tryout tersebut, penyelenggara menyiapkan reward uang pembinaan untuk siswa yang meraih juara terbaik kabupaten maupun regional.

Perlu diketahui, tryout CBT berlaku untuk SMA/MA/SMK dan SMP/MTs. Pelaksanaan untuk SMA/MA/SMK pada 26-28 Februari dan SMK 1-3 Maret. Sedangkan untuk SMP/MTs 5-7 Maret. Khusus tryout PBT jenjang SD/MI dilaksanakan 14 Maret.

(bj/rod/yud/ds/bet/JPR)

Source link