Spa Mempercepat Perkembangan Otak Bayi – Radar Banyuwangi

BANYUWANGI – Orang tua tentunya menginginkan bayinya senantiasa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Ragam upaya pun dilakukan melalui pemberian air susu ibu, imunisasi, hingga pemenuhan gizi seimbang. Meski bukan sebuah keharusan, ada juga orang tua yang menambahi ikhtiar untuk bayinya dengan baby spa.

Perawatan spa bayi ini dirancang untuk memberikan stimulasi bagi bayi. Dalam praktiknya, bayi akan menjalani beragam treatment mulai berenang hingga pemijatan. Ragam manfaat plus yang dimiliki inilah yang membuat spa bayi menjadi pilihan bagi orang tua untuk menjaga kondisi bayinya tetap fit dan mendukung daya kembangnya. ”Baby spa ada manfaatnya untuk bayi,” ujar Bidan Sisca Zulfiana.

Dari rangkaian spa bayi, beragam manfaat yang bisa diperoleh di antaranya melatih keseimbangan bayi. Mengambang di kolam yang dijalani bayi selama spa bisa melatih keseimbangan yang dimiliki bayi. Faedah lainnya mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh.

Selama di dalam air, bayi cenderung akan menendang-nendang, mengayunkan tubuhnya, dan menggerakkan kedua tangannya secara lebih bebas. Ini juga berimbas pada latihan peningkatan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan di dalam air yang tekanannya lebih besar.

Selanjutnya saat berendam di kolam hangat, bayi akan dibuat lebih nyaman dan rileks. Pijatan yang diberikan mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi pada malam hari saat tidur. ”Spa bayi mendorong perkembangan otak lewat stimulasi sensorik,” imbuhnya.

Otak akan menghasilkan sel-sel baru setiap bayi beraktivitas di kolam baby spa. Saraf otak akan membentuk banyak koneksi baru. Ini didukung indra bayi mendapat rangsangan berupa sentuhan dari pijat bayi, wangi dari minyak pijat, dan air hangat saat berendam.

Meski diamini memiliki banyak manfaat, tidak ada kewajiban yang mengharuskan orang tua untuk mengikutkan anaknya dalam spa bayi. Yang perlu diperhatikan spa bayi harus dilakukan oleh ahlinya. Termasuk menilik kondisi bayi sebelum spa yakni harus dalam kondisi fit seperti tidak dalam posisi mengantuk dan perut kenyang. (nic/bay/c1)

(bw/nic/ics/JPR)

Source link