Sumberbaru Rawan Kriminal Jalanan – Radar Jember

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo mengaku harus menurunkan semua personelnya. Mereka difokuskan ke empat titik rawan kriminal jalanan. Maklum, Sumberbaru tergolong daerah merah untuk jenis kejahatan begal. “Kami sudah melakukan pemetakan kerawanan kriminal. Sedikitnya ada empat titik,” ungkapnya.

Keempat titik itu seperti jalur perbatasan Sumberbaru – Jatiroto, Lumajang. Selain itu, ada juga di sekitar Gudang Bulog – Sadengan. Tak kalah rawan, daerah Tayeng yang ada di antara Sadengan – Pondok Dalem, Semboro. Pun demikian di sekitar SMPN 1 Sumberbaru yang masih dikenal daerah bulakan (sepi).

Diakui Subagiyo, menekan kriminalitas tak cukup hanya polisi yang berjaga. Dia pun harus melibatkan kelompok masyarakat, supaya giat menggelar poskamling di wilayahnya. “Apalagi, di sekitar empat titik rawan. Masyarakat sekitar sana kami gandeng supaya ikut menjaga wilayahnya,” terangnya.

Bukan hanya melakukan penjagaan dengan pola patroli terbuka. Petugas kepolisian juga memberlakukan jam malam. Namun, untuk yang ini, hanya dikhususkan di perbatasan Desa Karangbayat dengan Desa Gelang.

Jam malam dimulai pukul 22.00. Akses dua jalan desa tersebut diportal di jam tersebut. Siapa saja boleh masuk ke desa tersebut. Namun, bagi orang asing, terlebih dahulu harus diperiksa. Semisal ada yang mencurigakan, polisi akan turun tangan. 

(jr/jum/rul/hdi/das/JPR)

Source link