Surat Suara Mulai Dicetak – Radar Jember

Yusuf Adi Pamungkas STp, divisi Keuangan dan Logistik KPU Lumajang menjelaskan, saat ini proses cetak suara sudah mulai dilakukan. “Sudah melalui lelang e-katalog, lelang sektoral. Pemenang lelang itu sudah ditentukan KPU RI,” katanya ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya kemarin.

KPU Lumajang, lanjut dia, hanya melanjutkan pemenang yang ditentukan KPU RI. Yang kemudian mem-follow up dengan menyerahkan desain surat suara yang sudah di-approve oleh masing-masing paslon. 

Hasil e-lelang ini, kata dia, sangat jauh dari harga perkiraan. Awalnya berharga sekitar Rp 600 per lembar. Tetapi dengan e-katalog menjadi Rp 179 per lembar. “Dan itu sangat membantu penghematan anggaran,” jelasnya.

Pihak KPU, kata dia, sudah mengecek proses pencetakan surat suara. “Targetnya selesai pekan ini pencetakan surat suara itu. Diperkirakan tidak akan molor,” katanya. Baru kemudian dilakukan pelipatan dan lain sebagainya.

Jumlah yang dicetak sekarang ini, lanjut dia,  mencapai 833.800 lembar. Jumlah itu termasuk tambahan dari 2,5 persen. Ditambah lagi sebanyak 2.000 surat suara untuk pemilihan ulang. “Sudah lengkap dengan surat suara tambahan ketika ada pemilihan ulang,” jawabnya.

Nanti, jika sudah dikirim, akan dikondisikan di gudang yang disediakan KPU. Baru pada pelipatan yang rencananya akhir bulan Mei. “Tempat pelipatannya di gudang Amanda. Nanti pelipatannya akan menggunakan tenaga pelipat dari luar,” pungkasnya. 

(jr/fid/sh/das/JPR)

Source link