Suroso: Jangan Mudah Diadu Domba – Radar Kudus

Hal ini dikemukakan Anggota DPR RI Komisi IX Imam Suroso dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan pada Sabtu (16/2) lalu. Politisi dari PDI Perjuangan itu menyebut rasa persatuan dan kesatuan itu mesti terwujud. Ingatan masa lalu membuktikan bangsa ini lama dijajah sebab mudah diadu domba.

”Hal itu mesti menjadi pelajaran bersama. Ini supaya tak mudah diadu domba lagi. Contoh nyata kini ada di belahan bumi timur tengah sana, banyak peperangan sebab diadu domba. Seperti Negara Suriah yang terus bergolak. Kita jangan seperti itu, sebab punya pegangan empat pilar tersebut,” jelas Suroso dalam acara yang dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin.

Maka, lanjutnya, sosialisasi semacam ini sangat perlu diberikan kepada semua lapisan masyarakat. ”Pada intinya nanti kembali ke sila ketiga Pancasila. Persatuan Indonesia. Dengan persatuan hidup damai, aman, dan juga sejahtera. Itu yang sudah pasti diharapkan masyarakat,” imbuh dia.

Sementara itu, Suroso juga menyoroti soal ramainya pemberitaan pekan ini. Dimana banyak terjadi penyerangan terhadap tokoh agama hingga ada yang meregang nyawa. ”Orang-orang seperti itu sudah pasti penyebar hoaks (kebohongan, red). Akalnya sudah tak sehat, tak menjaga nilai-nilai empat pilar berkebangsaan,” tuturnya.

Tiap agama, kata dia, mengajarkan kebaikan dan kedamaian. Yang tampil dalam memecah elah bangsa hanya oknum-oknum. ”Supaya masyarakat paham pentingnya persatuan. Dan dapat memegang empat pilar kebangsaan tersebut,” imbuhnya.

(ks/him/aua/top/JPR)