Tahun Ini Rembang Expo Sediakan 101 Stand Gratis untuk UMKM – Radar Kudus

Kepala Bidang Perdagangan, pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dinindagkop dan UKM Rembang) Tri Handayani menyebutkan expo di tahun ke-13 diibaratkan gadis saat ini suka bermain, berkembang atau mencari jati diri. Begitupun expo dibuatkan taman entrepreneur.

”Ini kaitannya dengan pengembangan kewirausahaan. Tentu ini sejalan dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Rembang,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Dari pengembangan kewirausahaan Dinindagkop memfasilitasi. Mulai dari pelatihan sampai tingkat perizinan. Termasuk apa saja yang dilakukan instansinya berkaitan dengan pengembangan tersebut.

”Di taman entrepreneur ini kita datangkan narasumber. Nanti masyarakat dapat bertanya tentang kegiatan indakop dan jadwal pelatihannya. Makanya kami baru koordinasikan dengan masing-masing bidang,” terangnya.

Lebih lanjut disinggung total stand tahun ini memang ada pengurangan. Karena lokasinya masih sama di Balai Kartini, Rembang. Lalu dibelakang gedung dimanfaatkan sejumlah kegiatan sehingga alokasi dikurangi. Alasannya jika ditambah stand otomatis ukuran dikurangi. Tentu tidak representatif, kalau ukuranya tetap 3×3. “Hanya saja pengurangan sekitar 10 stand, sehingga tidak terlalu banyak yang dikurangi,”

Dia menambahkan tahun ini total ada 214 stand yang disediakan. Sementara untuk yang gratis alias difasilitasi pemerintah ada 110 stand. Ratusan stand tersebut diperuntukkan pelaku UMKM. Yang memenuhi berbagai kriteria dan komoditas yang bakal ditampilkan. Utamanya, yang memiliki izin usaha.”Kami mempersilahkan masyarakat mendaftar. Dengan waktu pendaftaran mulai 25 Juni sampai 7 Juli untuk stand umum,” imbuhnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)