Tahun TUNTASS Buat Amin – Radar Jember

Dalam rapat kerja itu, bupati menegaskan adanya resolusi 2018. Bupati yang akan menuntaskan pengabdian September tahun ini membuat Resolusi TUNTASS. TUNTAAS adalah akronim tujuh hal. Pertama T-Terbaik dalam pelayanan publik. Hal ini ditunjukkan sebagai wujud peningkatan pelayanan dasar. “Tahun ini adalah tahun tuntas, seperti RPJMD yang masih tertunggak, itu akan kami tuntaskan,” jelasnya.

Yang pertama terbaik dalam pelayanan masuk dalam pelayanan dasar. Seperti bidang pendidikan, kesehatan sampai bidang pelayanan lainnya. Sehingga bisa menuntaskan program dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Kedua adalah U-Unggulan daerah go-global. Seperti kopi, Bondowoso Pertanian Organik (Botanik) dan destinasi wisata. Sebab produk Bondowoso harus memiliki daya saing tinggi. Dan indikatornya adalah mampu menembus pasar global. “Ketika produk unggulan daerah masuk persaingan global, itu menandakan adanya daya saing tinggi,” ujarnya. Di Bondowoso ada kopi dan beras organik yang sudah menembus pasar global.

Ketiga adalah N-Naiknya peringkat IPM dan lepas dari status daerah tertinggal. Di mana pemerintah selama ini telah melakukan berbagai upaya untuk lepas dari daerah tertinggal. Seperti membuat Gerakan Kesetaraan Berbasis Desa (Getar Desa), pembuatan Sistem Akuntansi dan Informasi Desa (SAID), Penuntasan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi dan berbagai hal lainnya. “Dan setiap tahunnya IPM Bondowoso selalu meningkat baik,” ujarnya.

Keempat adalah T-Teknologi informasi harus mulai diterapkan. Yakni dengan pemberlakuan eletronik-Government. Kelima adalah A-Akuntabilitas Mantap. Ini seperti adanya hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan nilai SAKIP BB menuju A.

Keenam adalah S-Sarana dan prasarana (infrastruktur) yang mantap. Di mana seperti di Desa Solor, jika beberapa tahun lalu tidak ada jalan enak selain bebatuan dan jalan tanah yang terjal, kini tidak lagi.

Dan terakhir S-Sukses Pilkada dan Pilgub. Resolusi yang dimaksud ini adalah sasaran yang harus dicapai. Atau kondisi yang harus diwujudkan. “Dengan berbekal keyakinan dan tekad yang kuat serta dengan perencanaan dan persiapan yang matang, saya bisa menuntaskan TUNTASS,” pungkasnya. 

(jr/hud/das/JPR)

Source link