Tak Boleh Gunakan Mobdin untuk Mudik – Radar Kediri

Kabag Humas Pemkab Nganjuk Agus Irianto mengatakan, pelarangan pemakaian mobdin untuk Lebaran tertuang dalam surat edaran (SE) Gubernur Jawa Timur (Jatim). SE bernomor 003.2/8610/032.2/2018 itu diterbitkan pada 5 Juni lalu. “ASN dilarang memakai mobil dinas untuk mudik,” kata Agus kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Dalam SE tersebut, lanjut Agus, semua kendaraan roda dua dan roda empat diserahkan kepada pejabat yang ditunjuk pada Jumat kemarin (8/6). Waktu penyerahannya mulai pukul 13.30 sampai 15.00. “Semuanya harus diserahkan dan diparkir,” lanjutnya.

Untuk mobdin yang dikelola OPD, kendaraan diserahkan ke OPD masing-masing. Sementara mobil yang di sekretariat diparkir di garasi yang sudah ada. Termasuk kendaraan pikap dan truk.

Untuk pengembalian mobdin menurut Agus baru akan dilakukan pada 20 Juni nanti. Waktu pengembalian selambat-lambatnya  sekitar pukul 15.00, kemarin. “SE harus dilaksanakan semua PNS di pemkab,” kata PNS yang pernah berdinas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk ini.

Meski demikian, tidak semua mobin harus diparkir di garasi. Perkecualian itu untuk mobil operasional, ambulans dan kendaraan satpol PP. Termasuk beberapa mobil yang dipakai untuk kegiatan dinas. “Kalau untuk keperluan dinas, mobil bisa dipakai,” terangnya.

Untuk mengawasi pelanggaran SE tersebut, Agus mengatakan, satpol PP akan aktif mengecek pelaksanaannya di lapangan. Jika ada pejabat atau PNS yang nekat menggunakan mobil dinas untuk mudik lebaran, akan langsung dilaporkan ke sekretaris daerah (sekda) Nganjuk.

Dia berharap, PNS dapat mematuhi SE yang sudah diterbitkan. Bagi pegawai yang melanggar, pemkab akan memberikan sanksi tegas. Sanksi paling ringan adalah teguran dan lisan. “Jangan sampai ada teguran tertulis. Makanya wajib dipatuhi,” pinta Agus.

Untuk diketahui, sesuai dengan keputusan presiden (kepres) No 13/2018 tentang Cuti Lebaran, cuti diberikan selama 10 hari. Yakni mulai 11 Juni sampai 20 Juni. Setelah itu, pada 21 Juni, seluruh ASN memulai aktvitas seperti biasa. 

(rk/baz/die/JPR)

Source link