Tak Semua Kuota Asuransi Nelayan di Kota Pasuruan Terserap – Radar Bromo

Kabid Budidaya Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Iskandar M. mengatakan jumlah nelayan di Kota Pasuruan mencapai 2.090 orang. Dan sampai akhir 2016 lalu, sebanyak 1.350 nelayan diantaranya sudah mendapatkan asuransi.

Karena itu, pihaknya kembali mengajukan jatah asuransi ke KKP dan mendapatkan tambahan kuota sebanyak 850 buah. Ternyata, sampai akhir Desember lalu, kuota dari KKP ini tidak sepenuhnya terserap. Sebanyak 110 buah asuransi tidak terpakai.

“Memang, kami mengajukan lebih pada KKP awal 2017 lalu. Ternyata, kami hanya menerima tambahan 740 nelayan yang mengajukan asuransi. Jumlah ini sama dengan jumlah nelayan yang belum terkover pada 2016 lalu,”ungkapnya.

Ia menjelaskan tingginya permintaan asuransi ini menunjukkan kesadaran nelayan akan keselamatan saat di laut semakin meningkat. Selain itu, pihaknya terus melakukan jemput bola ke lapangan agar seluruh nelayan dapat terkover.

Menurutnya, asuransi nelayan dapat dicairkan untuk kecelakaan atau sakit akibat berlayar mencari ikan serta sakit di darat. Namun dengan syarat, nelayan tersebut memiliki kartu nelayan dan terdaftar sebagai penerima asuransi.

“Kami masih akan menjali koordinasi dengan KKP terkait sisa jatah asuransi. Apakah ini dikembalikan atau tidak. Yang jelas, jika jatah ini tetap diberikan pada pemkot, kami akan memanfaatkannya. Barangkali, ada nelayan yang luput dari pendataan,” jelas Iskandar.

(br/fun/riz/fun/JPR)

Source link