Taman Ayun Minim Lahan Parkir Roda Empat – Bali Express

Diakui Nyoman Kory, warga setempat, banyaknya kendaraan wisatawan yang parkir di perempatan tersebut tak jarang menjadi biang kemacetan. “Tak jarang jadi macet karena dari dulu belum ada tempat parkir,” ungkapnya, Jumat kemarin (12/1).

Ia pun berharap pemerintah segera menyikapi hal itu. Apalagi sebelumnya, kata dia, ada wacana alih fungsi eks Kantor Camat Mengwi, yang notabene juga ada di sebelah barat persimpangan itu, untuk dijadikan lahan parkir. “Harapannya, pemerintah segera mencari solusi hal ini,” tegasnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Mengwi, Ida Bagus Anom menjelaskan, memang benar kendaraan yang parkir tersebut merupakan milik wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Taman Ayun. Sementara, kata dia, pihak objek wisata Taman Ayun belum memiliki lahan parkir yang memadai. “Sebelumnya, kami dari desa akan memanfaatkan lahan bekas Kantor Camat Mengwi dijadikan lahan parkir. Namun karena kesepakatan masyarakat dan gedungnya juga masih bagus kami alihkan akan menjadi Kantor Perbekel Mengwi saja,” terangnya. 

Sedangkan, lanjut dia, untuk lahan parkir akan dibuatkan pada sisi barat Eks Kantor Camat Mengwi. Lahan parkir tersebut nantinya akan berlaku untuk umum, baik untuk masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke objek wisata warisan dunia, yang diakui UNESCO tersebut. “Rencannya, sebelah barat dari kantor camat itu akan dijadikan lahan parkir umum,” tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Badung, I Made Wira Dharmajaya mengatakan, hingga saat ini masih belum mendapat usulan atau laporan terkait alih fungsi eks Kantor Camat Mengwi. “Kami belum menerima usulan disini (Bappeda), sehingga belum mengetahui akan diakihfungsikan seperti apa bangunan tersebut,” tandasnya. 

(bx/adi/yes/JPR)

Source link